Pesona Karimunjawa

0

Jepara, 5News.co.id-Pesona kepulauan Karimunjawa kini menarik minat wisatawan domestik dan manca negara. Kepulauan yang berlokasi di sebelah utara Pulau Jawa itu secara administratif merupakan sebuah kecamatan di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas dataran kurang lebih 1.500 Ha dan perairan sekitar 110.000 Ha, Karimunjawa merupakan daerah yang hampir 90{87a6ba9263d977182cf0a134e761ac1c7030e18f2a2187e1929c78f85c4b9bec} wilayahnya adalah perairan.

Sejak tahun 1999, gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa itu juga ditetapkan sebagai Taman Nasional. Pada tahun 2001, wilayah perairan seluas kurang lebih 110.000 Ha itu ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan dengan Keputusan Menhut No.74/Kpts-II/2001.

Hal itu membuat Karumunjawa menjadi obyek wisata laut yang alami. Pantai yang alami dan kaya akan terumbu karang, hutan bakau dan spesies fauna laut menjadi pesona yang tak dimiliki daerah lain. Sebagai cagar alam, Karimunjawa masih menjadi habitat beberapa hewan langka yang hampir punah, seperti elang laut dada putih,  penyu sisik dan penyu hijau. Ada juga beberapa tumbuhan khas, seperti dewadaru.

Konon, penyebutan nama Karimunjawa sendiri bermula dari legenda Sunan Muria. Kala itu Sunan Muria melihat kepulauan yang nampak kremun-kremun (tidak begitu jelas-red) dari puncak Gunung Muria. Menurut legenda itu, Sunan Muria mengutus putranya yang bernama Amir Hasan untuk berangkat dan meninjau pulau kremun-kremun tersebut. Hingga akhirnya nama kremun-kremun itu berubah menjadi Karimunjawa.

Kecamatan Karimunjawa terbagi menjadi 4 desa yaitu Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, dan Parang dengan jumlah penduduk sekitar 10.000 KK. Dari 22 pulau, baru 5 pulau yang berpenghuni.

Baik pemerintah maupun swasta kini berlomba-lomba mengembangkan potensi wisata di kepulauan itu. Karimunjawa menjadi obyek tujuan wisata lokal, nasional dan internasional. Fasilitas penginapan, transportasi dan insfrastruktur pun telah disiapkan.

Akses penyeberangan ke kepulauan ini bisa dijangkau dari Semarang dengan pesawat Nam Air, Kapal Cepat Express Bahari, Kapal Cepat Kartini 1, dan Kapal PELNI. Dari Jepara menggunakan Kapal Cepat Express Bahari, KMP Siginjai. Sementara Surabaya menyediakan pesawat Air Fast untuk sampai ke kepulauan itu.

Dari semua biro wisata, karimunjawabeach.com menyediakan pilihan paket wisata yang lengkap. Paket wisata telah didesain sedemikian rupa untuk memuaskan wisatawan. Bagi yang ingin menikmati hari-hari yang indah di Karimunjawa, karimunjawabeach.com menyediakan beberapa paket wisata dengan fasilitas hotel berbintang. Bagi mereka yang hanya ingin berkunjung saja, biro ini juga menyediakan paket hemat dan paket murah, yang terjangkau bagi semua kalangan. Pastinya, pelayanan memuaskan dengan harga terjangkau. (@/hsn)

Komentar