Ratusan warga PSHT Cabang Jepara Hitamkan Pantai Blebak Sekuro

0

Jepara, 5News.co.id – Dalam rangka persiapan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, lebih kurang seribu warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Jepara ikut andil dalam kegiatan “Bakti Sosial Bersih Pantai Blebak Sekuro Mlonggo dan Penghijauan” pada hari Minggu (5/8) lalu. Demikian dikatakan ketua panitia baksos Kusnan Djoyo Surono, saat dihubungi wartawan, Selasa (7/8) kemarin.

Baca Juga: Bantu Atasi Kekeringan, PSHT Rayon Kodim/0718 Pati Salurkan Air Bersih

Dalam acara itu, Ketua Cabang PSHT Jepara H. Ahmad Zainuri mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mewujudkan Memayu Hayuning Bawono, yaitu menjadikan diri berguna bagi masyarakat sekitar dan lingkungannya.

Selain bersih-bersih pantai PSHT Cabang Jepara juga menanam bibit pohon sebanyak 130 batang, dari 8 jenis tanaman yang berbeda.

“Harapan kami, dari tanaman yang kami tanam itu, kelak bisa dimanfaatkan warga sekitar pantai. Kami mengajarkan anggota PSHT cabang Jepara khususnya untuk bisa bermanfaat dan mengabdi kepada masyarakat,” kata Ahmad.

Di mulai pada pukul 13.00 WIB, kegiatan itu diawali dengan kirab 73 bendera merah putih sebagai perlambang tahun kemerdekaan RI sejauh 8 KM menuju pantai Blebak. Baksos tersebut diawali dengan memungut sampah sampah yang berserakan di pantai, memasang plakat himbauan hidup sehat dan memasang tempat swafoto yang diharapkan mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke Pantai Blebak.

Baca Juga: Pendekar Perguruan Silat Se Kabupaten Pati Tolak Radikalisme, Hoax Dan Terorisme

Kusnan menjelaskan, “Sebelum kegiatan baksos itu digelar, ada ujian kenaikan tingkat yang dilaksanakan pagi hari di desa Sekuro Kecamatan Mlonggo Jepara dan siangnya dilanjutkan baksos,”

Menurut Kusnan, bakti sosial (baksos) adalah salah satu kegiatan wajib bagi setiap warga PSHT sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Kusnan juga menambahkan bahwa secara berkala, warga PSHT Cabang Jepara mengagendakan kegiatan sosial sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.(muh)

Komentar