Buddha Adalah Nabi Zulkifli AS, Sebuah Pendekatan Historis

0

Bogor, 5News

Menurut peneliti agama, budaya, dan peradaban, jika disimak dan dipelajari riwayat hidup Sang Buddha dan Nabi Zulkifli AS, bisa disimpulkan bahwa kedua tokoh agama ini 90{87a6ba9263d977182cf0a134e761ac1c7030e18f2a2187e1929c78f85c4b9bec} adalah orang yang sama. Demikian diungkapkan Ahmad Yanuana Samantho S.IP. MA.(53), Sekretaris II Ormas Sunda Langgeng Wisesa Jawa Barat, yang juga penulis buku-buku Best Seller, saat dihubungi wartawan, Selasa (29/5) pagi tadi.

Baca Juga: Semua Agama Adalah Agama Langit Dan Monoteistik

Ahmad menuturkan, bahwa menurut seorang Urdu scholar, Abu’l Kalam Azad, Sang Buddha atau Buddha Shakyamuni, yang dikenal sebagai guru suci bagi umat Buddha tidak lain adalah Nabi Zulkifli AS, yang di dalam Al Quran disebut sebagai Nabi yang mempunyai tingkat kesabaran yang tinggi, dan sangat baik.

Dalam bahasa Arab Zulkifli sendiri berarti “orang yg berasal dari Kifl”. Sedangkan Kifl itu sendiri, masih menurut Kalam Azad, merupakan nama Arab untuk Kapila (singkatan dari Kapilavastu).

Sekaitan dengan interaksi dan toleransi antar umar beragama, di Indonesia khususnya, Ahmad berpesan, “Marilah kita tingkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan kita secara mendalam tentang agama kita sendiri maupun agama lain, agar kita menemukan titik temu dan realitas dari Bhineka Tunggal Ika, Tan Hanna Dharma Mangrwa,”

“Melalui titik temu dan realitas Pancasila itulah, kita dapat membangun toleransi dan empati terhadap sesama umat manusia, dalam menggapai kesejahteraan bersama , keadilan dan perdamaian dunia, serta terwujudnya nilai-nilai luhur Pancasila disetiap lapisan masyarakat,” pungkasnya.(hsn)