Bunda PAUD Kecamatan Pati: Program Parenting Adalah Solusi

0

Pati, 5News

Bunda PAUD Kecamatan Pati, Sri Setyaningsih S.Pd menekankan perlunya asupan protein dan gizi yang cukup bagi anak demi optimalnya pertumbuhan dan pendidikan mereka. Hal ini disampaikan saat ditemui wartawan di kantor Kecamatan Pati, Jumat (4/5) pukul 8.00 pagi tadi.

Ibu Camat Pati yang akrab dengan panggilan Nining Budi Prasetya ini juga menyampaikan perlunya membangun korelasi yang solid antara lembaga pendidikan anak dengan orang tua dalam program parenting, menurutnya hal ini akan menjadi solusi bersama yang akan mengatasi berbagai masalah pendidikan anak.

“Terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan di wilayah kami adalah sebuah tantangan tersendiri, saya yakin dengan aktifnya peran orangtua dalam pendidikan anak serta asupan gizi yang optimal, minimnya alat dan fasilitas tidak menjadi hambatan,” ujarnya.

Membina 105 lembaga pendidikan anak yang ada dalam wilayah kecamatan Pati adalah sebuah tugas yang cukup berat. “Saya bersyukur, masing-masing lembaga pendidikan anak di wilayah kami, seluruhnya menerima dan mendukung program-program kami,” kata Nining menambahkan.

“Pada tahun 2018 ini diantara program-program kami adalah peningkatan kompetensi dan kinerja pendidik melalui diklat dan workshop, membangun kemitraan yang solid antara lembaga pendidikan anak dan orangtua melalui program parenting, dan mensosialisasikan GEMARI (Gemar Makan Ikan) sebagai sebuah gerakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak,” papar Nining menjelaskan.

“Sebagai langkah peningkatan sarana dan prasarana pendidikan anak, di desa-desa terutama, saya mengharap peran aktif Bunda Paud Desa, misalnya melalui optimalisasi penggalian sumber dana yang digunakan untuk pembangunan gedung PAUD atau TK serta pengadaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam dan luar, selain itu kesadaran orangtua untuk ikut berpartisipasi dalam hal ini juga sangat dibutuhkan,” pungkasnya menutup.(hsn)