Berbuah Manis, Kolaborasi Ford & McDonalds Hasilkan Komponen Mobil

0
komponen mobil dari limbah kulit biji kopi

AMERIKA, 5NEWS.CO.ID,- Perusahaan mobil asal AS, Ford telah bermitra dengan gerai makanan siap saji McDonald’s. Mereka sukses berinovasi dengan membuat komponen mobil dari limbah kulit biji kopi.

McDonald’s merasa risau akan banyaknya limbah kulit biji kopi yang dihasilkan dari gerai-gerai miliknya, berakhir di TPA. Jutaan kilogram per tahun terbuang percuma.

Ford mendaur ulang limbah tersebut. Proses dan metode khusus pun diterapkan. Temperatur tertentu, level oksigen yang rendah. Tentu saja material plastik tidak diabaikan, juga dengan penambahan bahan lain.

Hasilnya, berupa ‘pellets’ yang kemudian bisa dibentuk menjadi komponen mobil. Seperti housing lampu utama, interior ruangan kabin, hingga instrumen bagian dalam kap mobil.

Dilansir The Verge pada Jum’at (20/12/19), Ford mengklaim bahwa komponen yang dihasilkan lebih ringan 20% dan membutuhkan energi 25% lebih kecil dari biasanya. Pencapaian yang dapat menekan ongkos produksi.

“Komitmen McDonald untuk berinovasi sangat impresif bagi Kami. Dan cocok dengan visi dan pemikiran Kami yang ke depan serta aksi pengembangan berkelanjutan Kami,” ujar Debbie Mielewski, Senior Tech Leader Ford.

Hal senada juga disampaikan Senior Executive McDonald’s, Ian Olsin, “Seperti McDonald, Ford juga berkomitmen meminimalkan limbah dan Kami selalu mencari inovasi baru untuk bisa mencapai tujuan tersebut”, terangnya.

Kini, kolaborasi keduanya berbuah manis. Simbiosis Mutualisma, kerjasama yang saling menguntungkan. (h@n)

Komentar