Tiga Santri Positif Corona Saat Tes Swab di Bandara Supadio Pontianak

Suasana di Bandara Supadio Pontianak. (Foto: Google Images)

Pontianak, 5NEWS.CO.ID,- Tes swab PCR yang dilakukan petugas dari Dinas Kesehatan di Bandara Supadio Pontianak mendapati 3 orang santri yang akan pulang kampung asal Kalimantan Barat positif corona. 3 orang santri tersebut di antaranya 2 orang dari Solo, dan 1 orang dari Surabaya.

Satgas COVID-19 Kalbar sebelumnya memberikan keringanan kepada para santri yang akan pulang ke Kalbar. Mereka dapat menggunakan tes Antigen sebagai catatan perjalanan udara. Namun, saat tiba di Bandara Supadio mereka akan dilakukan swab PCR oleh petugas dari Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harisson menyampaikan “Santri ini berasal dari luar Kalbar dan masuk ke Kalbar, baik melalui Bandara Supadio maupun Pelabuhan Dwikora atau transportasi laut, sesuai Pergub, kita lakukan swab PCR di Bandara Supadio, atau di Pelabuhan Dwikora,” Kamis, 1 April 2021.

Para santri tersebut melakukan isolasi mandiri di rumah selama menunggu hasil swab PCR keluar. Menurut  Harisson, ketiga santri tersebut memiliki kadar virus atau viral load yang rendah, dengan tetap dipantau Satgas COVID-19 tingkat RT, mereka dapat melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. 

“Nah, selama menunggu hasil, mereka tetap harus melakukan karantina secara mandiri di rumah. Tapi pelaksanaan pemeriksaan di laboratorium tidak lama, itu 1 hari. Besok sudah ada hasil, jadi kami tidak berlama-lama mengeluarkan hasil swab dari santri ini,” jelas Horisson. (MUSHA)