Pemkab Pati Bagikan Bantuan Bahan Makanan untuk Korban Banjir

Penyerahan bantuan makanan kepada warga terdampak banjir bandang di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (Foto: Humas Pemkab Pati)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mulai menyalurkan bantuan bahan makanan untuk korban banjir di Kecamatan Gabus dan Tambakromo, sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam meringankan beban warga.

“Bantuan makanan yang disalurkan, meliputi 990 paket makanan siap saji, seribu paket lauk pauk, dan 200 paket makanan anak,” kata Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Pati Eko Suwarno di Pati, Senin (17/10/22).

 Penyaluran bantuan tersebut, kata dia, melibatkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati.

Bantuan serupa untuk warga terdampak banjir bandang di Kecamatan Kayen, Jaken, dan Batangan, kata dia, dalam proses pengusulan ke Kementerian Sosial melalui BRSPDM Margo Laras Pati.

“Karena stok bantuan pangan di BRSPDM Margo Laras Pati saat ini sedang kosong,” ujarnya.

Bantuan kasur dan perlengkapan dapur, kata dia, belum diberikan karena hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi.

Bantuan juga disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati dalam bentuk semen dan karung plastik untuk penanganan tanggul jebol di Desa Tambahagung, Kecamatan Tambakromo.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetyo mengungkapkan bantuan karung plastik yang disalurkan 300 lembar.

“Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan bisa digunakan untuk memperbaiki tanggul sementara. Ketika turun hujan, setidaknya tidak terjadi banjir susulan,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang membutuhkan karung plastik, dipersilakan mengajukan karena masih tersedia stok 375 lembar. (Antara/mra)