Kandang Ayam di Wedarijaksa Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Rp 2M

Kebakaran kandang ayam di Margorejo, Kec. Wedarijaksa, Kabupaten Pati, (Sabtu (10/12). (Foto: istimewa)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Kandang Ayam milik Ali Musyafa (54) di Ds. Margorejo RT 01/ RW 03, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati, terbakar ludes pada sekitar pukul 20.10 WIB, Sabtu (10/12/2022).

Kabid Damkar dan Linmas Pati, Heru mengungkapkan bahwa kebakaran pada kandang ayam diduga akibat korsleting listrik hingga mengeluarkan percikan api dan menyebabkan kebakaran. Pada saat terjadinya kebakaran nampak gelora api yang sangat besar itu melahap semua yang di sekitar lokasi kejadian.

“Kebakaran Sabtu malam. Kandang Ayam yang terbakar, akibat korsleting listrik,” kata Heru melalui pesan tertulisnya, Senin (12/12/2022).

Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) Pati, mendapatkan laporan kebakaran di Kandang Ayam itu pada sekitar 20.20 WIB. Usai mendapat laporan, Damkar Pati langsung bergegas menuju lokasi kejadian dengan mengerahkan 11 anggota damkar dan membawa 4 unit mobil.

Selain itu Damkar PG Trangkil 1 unit, damkar Garuda 1 unit, PMI 2 unit beserta Polri, TNI dan masyarakat juga turut membantu memadamkan si jago merah.

Kebakaran itu berhasil dipadamkan pada pukul 22.30 WIB, dan tidak ada korban jiwa atas insiden tersebut. Ditaksir kerugian yang dialami oleh Musyafa mencapai Rp 2 Miliar.

“13 Ribu ekor ayam siap panen terbakar semua,” ujarnya.

“Korban jiwa nihil,” sambungnya.

Sementara itu, Kasi Humas Resta Pati, AKP Pujiati mengatakan bahwa korban sebelumnya melihat api yang membakar tembok kandang.

“Mulanya korban sedang didalam kandang. Lalu, melihat api membakar tembok kandang bagian tengah di sisi selatan dan merambat cepat ke mesin blower,” jelasnya AKP Pujiati, Senin (12/12/2022).

Selanjutnya, korban memberitahu kepada warga sekitar terkait kejadian itu, untuk memanggil bala bantuan memadamkan api pada gudang seluas 770 m² tersebut.

Diketahui pemilik kandang itu tidak menuntut pihak manapun secara hukum atas insiden ini. (hus)