Hari Ibu, Momen Memaknai Peran Perempuan dalam Membangun Fondasi Bangsa

Upacara peringatan Hari Ibu di halaman Sekda Kabupaten Pati. (Foto: ist.)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menggelar upacara Peringatan Hari Ibu tahun 2022, di halaman Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Pati, Kamis (22/12/2022).

Upacara ini dipimpin oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dan diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Pati, Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda, Kepala Bagian di Setda Pati, Seluruh Karyawati di Setda Pati, Camat se-Kabupaten Pati, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pati, Persit, Bhayangkari, PKK Kabupaten Pati serta Kepala Perangkat Daerah terkait.

Dalam pidatonya Henggar mengatakan bahwa Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk memaknai betapa agung dan mulianya peran perempuan dalam membangun fondasi bangsa. Pentingnya peran perempuan (ibu) dalam membentuk sosok berkepribadian luhur dan unggul pengetahuan menjadi kontribusi luar biasa terhadap proses memajukan kualitas suatu bangsa.

“Untuk itu, perempuan berakhlak mulia dan berpengetahuan luas menjadi kunci utamanya, karena kelak Ibu akan menjadi madrasah pertama bagi anak,” kata Henggar, Kamis (22/12/2022).

Pada pelaksanaan Upacara Hari Ibu ke-94 ini, Pj Bupati Pati juga menyampaikan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang pada tahun ini mengusung tema ‘Perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju’.

“Perjalanan panjang selama 94 tahun sejak Kongres Perempuan Indonesia Pertama, telah mengantarkan berbagai buah baik bagi kaum perempuan. Kesempatan mengenyam bangku sekolah, peluang bekerja, perempuan berpolitik, merupakan kabar baik,” tuturnya.

Selanjutnya, dia pun mengajak seluruh peserta upacara untuk mengedepankan kesetaraan gender dalam berbagai macam hal.

“Momentum Peringatan Hari Ibu sebaiknya juga dijadikan momentum untuk bersatu mencapai Indonesia yang maju melalui prinsip equal partnership. Prinsip ini mencerminkan bagaimana perempuan Indonesia berjalan beriringan dengan kaum laki-laki untuk bersama-sama berperan membangun bangsa,” pungkasnya.

Pj Bupati berharap dengan peringatan Hari Ibu Ke-94 ini dapat mendorong perempuan Indonesia untuk terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas diri, sehingga bisa menjadi kekuatan yang besar menyejahterakan semua. (hus)