Berikut Daerah yang Termasuk Zona Merah Virus Corona di Jawa Tengah

Zona Grafik persebaran Virus Corona di Jawa tengah (sc situs corona.jatengprov.go.id)

Semarang, 5NEWS.CO.ID, – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menetapkan tiga daerah yang masuk dalam kategori zona merah di provinsi ini.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menyebutkan tiga daerah itu meliputi Kota Semarang, Kota Solo dan Kabupaten Wonosobo.

“Selain jumlah kasus meningkat, di tiga daerah tersebut juga terdapat transmisi (penularan lokal),” jelasnya, Minggu (26/04/20).

Penetapan zona merah virus corona Covid-19 pada suatu daerah tidak hanya berdasarkan pada adanya kasus positif. Ada beberapa indikator yang digunakan Pemprov jateng untuk menerapkan status ‘red zone’ atau zona merah.

“Untuk kami, definisi zona merah tidak hanya dilihat dari adanya kasus, tapi juga ada beberapa indikator, termasuk transmisi (penularan) lokal di wilayah tersebut,” tuturnya.

Selain itu, jumlah kasus daerah tersebut selalu meningkat dari hari ke hari.

“Tren kasus selalu meningkat baik linear maupun eksponensial,” ujarnya.

Kemudian, salah satu indikatornya adalah jumlah kematian yang diakibatkan oleh wabah virus corona di wilayah tersebut.

Ia memberikan contoh di Wonosobo terdapat belasan warga terinfeksi virus corona dari klaster Gowa. Klaster ini merupakan warga yang sempat pergi ke Gowa untuk mengikuti ijtima dunia zona asia.

Setelah pulang, diperiksa dan dinyatakan positif, eks Gowa ini telah menularkan ke anggota keluarga lain atau bisa disebut telah ada transmisi lokal. (mra)