Amanat 17 Agustus Gubernur Jateng: Bahkan Ada yang Ingin Mengganti Pancasila

0
13

Jepara, 5NEWS.CO.ID, – Plt. Bupati Kabupaten Jepara Andi Kristiandi membacakan amanat upacara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 di alun-alun Jepara, Sabtu (17/8/1/2019).

Baca Juga:

Dalam amanatnya Ganjar mengutip ucapan Abdurahman Wahid ‘Gus Dur’ yang mengatakan bahwa orang tidak akan bertanya apa agamamu atau apa sukumu ketika berbuat baik. Karena kebaikan tidak mengenal identitas.

“Begitu juga setelah kemerdekaan ini, para pahlawan dari barbagai agama dan suku terlibat dalam perjuangan kemerdekaan. Seharusnya juga kita tidak menanyakan apa agama dan suku saat sekarang mengisi kemerdekaan. Pendiri bangsa sudah memberikan contoh,” katanya.

Namun Ganjar mempertanyakan sebagian kalangan, yang saat ini tanpa merasa berdosa justru saling menghina dan mencerca. “Bahkan ada yang ingin mengganti Pancasila.”

Ganjar menyebutkan banyak kusuma bangsa dari beragam agama dan suku yang berhasil mengusir penjajah dan mengorbankan nyawanya demi negri ini.

“Bibit jiwa kita adalah bibit tepo seliro, peseduluran. Maka Pancasila adalah induk harga diri, tempat bersemayam semua ajaran agama. Bersemayam spirit kebudayaan nusantara,” katanya

Ganjar juga berpesan bahwa kita harus membekali anak-anak penerus bangsa dengan ilmu pengetahuan. “Kita menanggung dosa besar jika mereka tertinggal oleh negara lain kemudian diremehkan dan dilecehkan.”

Kedepan, kita akan bisa merebut lagi kejayaan Majapahit, anak-anak kita akan menjadi arus besar perubahan. “Kita kirim arus balik setelah sekian lama dipermainkan bangsa lain,” tegasnya.

Kita adalah jalinan sapu lidi, yang terikat kuat. Indonesia akan jaya selama-lama, merdeka! Pungkasnya, disambut pekik merdeka para peserta upacara. (mas)

Tinggalkan Balasan