Citayam Fashion Week dan Segala Keviralannya

0
Citayam Fashion Week. (Foto: Instagram/@naninbasuki)

5NEWS.CO.ID,- Belakangan ini, istilah Citayam Fashion Week menjadi buah bibir dan viral di kalangan masyarakat, terutama netizen di jagat media sosial. Keberadaannya yang menuai pro dan kontra membuatnya menjadi semakin hangat dibicarakan.

Mungkin banyak juga orang yang masih bingung dan kerap bertanya-tanya, apa sebenarnya Citayam Fashion Week? Untuk menjawab hal tersebut, kita harus menilik ke istilah Paris Fashion Week yang mungkin sudah banyak dikenal orang, dimana dalam ajang tersebut, orang-orang akan memamerkan gaya fashion mereka di jalanan kota Paris nan indah.

Ajang tersebut kemudian diadopsi oleh sekelompok anak muda di Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat. Mereka mengadopsi ajang Paris Fashion Week dengan segenap kreativitas yang mereka miliki, lantas kemudian turut memamerkan gaya fashionnya masing-masing di kawasan tersebut.

Kaula muda yang berada di lokasi tersebut banyak menggunakan pakaian dengan model dan merk-merk tertentu kemudian saling beradu gaya dengan motivasi menjadi yang paling keren dalam ajang fashion dadakan ini.

Kawasan Sudirman, khususnya di Dukuh Atas dipilih sebagai tempat adu gaya fashion karena memang lokasi tersebut dikenal sebagai wilayah yang ramah pejalan kaki.

Kawasan tersebut juga memiliki berbagai fasilitas ruang publik yang memadai untuk kemudian dijadikan tempat berkumpul bagi beberapa komunitas masyarakat dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Seperti diketahui, ratusan remaja yang berasal dari Citayam, Bojong Gede, Bekasi, atau pinggiran Jakarta beramai-ramai mendatangi daerah tersebut. Rupanya, Citayam Fashion Week menjadi istilah yang disematkan warganet kepada sekelompok remaja dari daerah Citayam yang melakukan ajang pamer fashion di kawasan Sudirman.

Para remaja ini kebanyakan datang dengan menggunakan gaya busana yang fashionable, kasual dan trendy ala street fashion ala luar negeri. Busana yang dikenakan mulai dari kemeja flanel oversize, sneaker warna warni, celana model 90an, sweater sport, hingga aksesoris dan jaket kulit.

Fenomena ini awalnya muncul ketika ada banyak konten video di media sosial khususnya TikTok yang menampilkan beberapa wawancara suatu akun dengan para anak muda yang tengah asyik nongkrong dan berkumpul dengan teman-temannya di sekitaran Sudirman.

Mereka mengaku berduyun-duyun pergi ke Jakarta Pusat untuk sekedar bermain, bersantai dan bersosialisasi. Selain itu, sekelompok anak muda tersebut juga mencari pasangan melalui ajang Citayam Fashion Week ini.

Meski demikian, adanya ajang fenomena ini menjadi sorotan masyarakat sekitar terutama para pekerja yang berada di daerah Sudirman. Sebagian dari mereka mengaku terganggu dengan adanya segerombolan anak muda yang terkadang memilih duduk di trotoar jalan Sudirman sampai memenuhi setengah kawasan jalan.

Keviralan ajang ini pun mendapat atensi dari sejumlah pejabat publik dan artis yang membuat mereka datang ke lokasi dan bahkan ikut serta dalam ajang tersebut. Diberitakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rabu (20/7/2022) lalu mendatangi kawasan Dukuh Atas atas undangan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meramaikan ruang publik yang berada di Jakarta tersebut.

Ridwan Kamil datang ke lokasi Citayam Fashion Week untuk mencoba catwalk di Taman Dukuh Atas. Tak hanya menjajal catwalk, Ridwan Kamil juga menyampaikan sebuah pesan agar masyarakat Jawa Barat menjaga kebersihan dan kenyamanan di kawasan Sudirman.

Selain Ridwan Kamil dan Anies Baswedan, Paula Verhoeven juga turut beraksi di atas zebra cross bareng Bonge, salah satu ikon Citayam Fashion Week. Istri dari Baim Wong itu bergaya bak cewek mamba dengan balutan blazer hitam pekat dan celana warna senada pada Rabu (20/7/2022) malam.

Bahkan, akibat Citayam Fashion Week yang tengah viral itu, beberapa daerah lain juga berinisiatif untuk mengadopsinya. Seperti contohnya Tunjungan Fashion Week di Surabaya pada Minggu (24/07) dan Braga Fashion Week di Bandung, Sabtu (23/07) sore. (mra)

Komentar