Menkes Budi Gunadi Sadikin Sebut 1 Juta Nakes Telah Vaksin Covid-19

0
Menkes Budi Gunadi Sadikin bersama Presiden Jokowi (Foto:Google Images)

Jakarta.5NEWS.CO.ID-Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwasannya hingga saat ini cangkupan vaksinasi Covid-19 bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) telah mencapai 1 (satu) juta orang hingga Kamis (11/02/21).

Seperti dikutip dari setkap.go.id, Budi mengungkapkan bahwa Nakes yang telah datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk divaksinasi hampir mencapai 1.3 juta orang namun karena sebagiannya memiliki komorbid dan sedang hamil maka hanya 1 juta nakes yang bisa divaksinasi.

Jumlah target Nakes yang divaksinasi sejumlah 1.48 juta dan saat ini telah terlayani sebanyak 85% sehingga selanjutnya dapat dilanjutkan terhadap petugas publik.

Petugas publik yang dimaksud adalah seorang yang pekerjaan sehari-harinya bertemu dengan banyak orang, sebut Budi.

Selain bagi petugas publik, vaksinasi bagi kelompok lanjut usia di atas 60 tahun akan dipercepat dan direncanakan sudah dimulai di awal minggu ini.

Menurut Budi, program vaksinasi ini akan diberikan kepada 181.5 juta rakyat Indonesia yang berusia di atas 18 tahun sehingga dibutuhkan total 363 juta dosis ditambah 15% cadangan dengan total sebanyak 423 juta dosis.

Seperti dilansir dari kemenkes.go.id bahwa jumlah Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDM) yang telah mendapatkan dosis pertama sebanyak 1.017.186 orang sedangkan dosis kedua tercapai sebanyak 345.605 orang.(wan)

Komentar