Kasus DBD Secara Nasional Sudah Menurun

0

Jakarta – 5news.co.id – Seiring berkurangnya intensitas hujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) secara nasional sudah mulai menurun, disamping peran aktif masyarakat dalam membersihkan lingkungan dan mengasapi jentik-jentik nyamuk. Ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (25/2/2019).

“Ya kalau dari tahun ini cukup banyak ya. Tapi Insya Allah sudah mulai turun jumlahnya saat ini, karena musim hujannya juga sudah mulai berakhir,” kata Nila.

Menkes meminta masyarakat tak perlu lagi menunggu hingga lima hari untuk melakukan tes darah jika sudah mengalami demam tinggi. Segeralah melakukan tes darah jika mengalami demam tinggi dan tak kunjung sembuh.

“Jika didiamkan selama beberapa hari ke depannya malah mengalami fase yang kritis. Sekarang baru berapa hari ada gejala lain ya lesu, sakit-sakit badannya, maka segera lakukan tes darah” ujar Nila.

Menkes mengingatkan, jika sudah berlalu beberapa hari  saat cek darah ternyata trombositnya menurun. Dan yang bahaya kalau trombosit sudah turun dan terjadi pengenceran darah.

“Itu yang bahaya, karena yang menyebabkan kematian dan bisanya tidak tertolong.” Pungkasnya. (mas)

Komentar