Terdiskon, Anggaran Pilkada 2024 KPU Pati Cuma Setengah dari Pengusulan

Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Kabupaten Pati, Supriyanto. (Foto: 5News)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk KPU Kabupaten Pati dapat diskon. Pasalnya nilai anggaran yang bakal diterima lebih rendah ketimbang usulan awalnya, Rabu (16/8/2023).

Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Kabupaten Pati, Supriyanto mengatakan pada awalnya pihaknya mengajukan Rp 97 miliar kepada Pemerintah Daerah (Pemda) guna pelaksanaan Pilkada Pati 2024. 

Akan tetapi, pihaknya hanya mendapatkan anggaran yang bernilai setengah dari jumlah yang mereka ajukan. 

“Awalnya kami mengajukan Rp 97 miliar kepada Pemerintah Daerah. Tapi, kesepakatan dengan Pemerintah Daerah kemarin yakni Rp 40,5 miliar. Ini masih menunggu persetujuan dari dewan,” ucapnya kepada awak media, beberapa waktu lalu. 

Meskipun pelaksanaannya masih di penghujung tahun depan, KPU Kab. Pati sudah mulai melakukan persiapan Pilkada.

Menurutnya, anggaran yang diajukan oleh KPU Kabupaten Pati ini sudah dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).Dimana, beberapa hal perlu disesuaikan dan disampaikan. Seperti, melihat kemampuan daerah, kegiatan-kegiatan yang perlu dirasionalisasi karena kurang efektif dan efisien. 

“Maka kemudian kita berdinamika disana. Berdiskusi kemudian kita ajukan lagi. Masih perlu dihemat lagi atau lebih efisien lagi, dirasionalisasi lagi. Hingga di titik mentok. Bawaslu juga sudah mentok,” ucapnya.

“Kemudian Pemda kayaknya sudah mampu mencukupi itu sesuai dengan kebutuhan kami. Maka kemudian itu disepakati bersama,” sambungnya.

Sebagai informasi, Pemilu digelar pada 14 Februari 2024. Sementara Pilkada akan dilaksanakan serentak untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota akan digelar pada 27 November 2024. (hus)