Rumah Sakit Mitra Bangsa Beri Pengobatan Gratis ke Korban Banjir di Kecamatan Gabus Pati

Tenaga kesehatan RS Mitra Bangsa saat mengecek kondisi kesehatan warga terdampak banjir (Foto: Istimewa)

Pati, 5NEWS.CO.ID- Banjir telah melanda lebih dari dua pekan ini sejak 31 Desember 2022 lalu, di sejumlah wilayah Kabupaten Pati. Atas hal itu, Rumah Sakit (RS) Mitra Bangsa Pati memberikan pengobatan secara gratis ke korban terdampak, sebagai bentuk kepedulian, Kamis (19/1/2023).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh owner RS Mitra Bangsa, Suhartini. Dirinya telah mengerahkan belasan tenaga kesehatan profesional dengan sasaran 2 desa yang beberapa waktu lalu sempat terdampak banjir, yakni Desa Mintobasuki dan Desa Tanjang, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati.

“Kami Rumah Sakit Mitra Bangsa membantu program pengobatan DPC PDIP Pati untuk warga Desa Tanjang dan Mintobasuki yang terdampak banjir. Harapanya dapat mengobati warga yang ada keluhan sakit selama banjir,” kata Suhartini saat dikonfirmasi, Kamis (19/1/2023).

Pada serangkaian kegiatan pengobatan tersebut, banyak ditemui warga khususnya orang tua dan anak-anak dengan keluhan sakit kulit, gatal-gatal, maupun ISPA, akibat dampak dari banjir. Oleh karena itu, tenaga kesehatan (nakes) lantas memberikan saran pengobatan disertai dengan diberikan vitamin, suplemen, dan selimut.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyodorkan logistik makanan berupa makanan siap makan untuk dikonsumsi masyarakat.

“Posko kesehatan juga sudah dari awal didirikan, bahkan ada dapur umum juga. Kami setiap hari memberikan ratusan nasi bungkus,” imbuhnya.

Kegiatan ini juga disambut hangat oleh masyarakat sekitar. Tampak, puluhan warga antusias mengikuti pengobatan gratis, untuk mengecek kondisi kesehatannya.

Warga Desa Tanjang bernama Topo mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan yang diberikan RS tersebut. Kemudian, dia berharap agar keluhan penyakit asam urat yang dideritanya selama tahunan dapat sembuh dengan adanya pengobatan gratis ini.

“Saya sakit sudah 6 tahun. Alhamdulillah ini ada pengobatan gratis, jadi ini sangat meringankan sekali. Saya dikasih kalender, obat-obatan dan selimut,” terangnya. (hus)