Maling Motor di Jakenan Dibekuk Polisi, Korban Ternyata Paman Sendiri

Pelaku maling motor di Jakenan. (Foto: Dok. Humas Polresta Pati)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Maling motor berinisial S (30) mencuri sepeda motor merek Yamaha tipe RX King 135 CC, dengan Nopol AB–2026–IA, di Dukuh Mbungkus Desa Sendangsoko Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati, pada sekitar pukul 02.30 WIB, Kamis (17/11/2022).

Kasi Humas Polresta Pati AKP Pujiati menjelaskan bahwa ternyata motor yang dicuri tersebut merupakan milik paman pelaku sendiri.

“Antara korban dengan pelaku masih ada hubungan keluarga yaitu keponakan dari istri korban (paman pelaku),” ujar Pujiati melalui keterangannya, Sabtu (19/11/2022).

Diketahui korban bernama Edi Widodo (38) warga Desa Sendangsongko, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati. Usai, korban mengetahui motornya telah dimaling, lantas korban langsung melaporkannya ke Polsek Jakenan pada Kamis (17/11/2022).

Selanjutnya, Pujiati pun mengungkapkan kronologi aksi pencurian tersebut, yang mana diduga pelaku melakukan pencurian dengan cara masuk ke dalam halaman rumah kemudian merusak anak kunci kontak  SPM dengan pisau kecil.

“Pelaku masuk ke dalam pekarangan rumah yang pintunya tidak terkunci, kemudian mengambil SPM dengan cara merusak kunci kontak dengan pisau kecil,” ungkapnya.

“Kemudian motor didorong pelaku sekitar 100 meter baru distater. Lalu, motor dipreteli dulu untuk menghilangkan jejak,” sambungnya.

Hasil curiannya tersebut dijual ke orang berinisial R (38), Desa Asempapan, Kec. Trangkil, Kab. Pati, dengan harga jual Rp 4.500.000 dan pembayaran tersebut baru diberikan kepada pelaku sebanyak Rp 3.000.000. Apesnya, pelaku berhasil diringkus terlebih dahulu oleh polisi, sebelum sempat dilunasi.

“Dijual di Trangkil dengan harga Rp 4,5 juta dan baru dikasih Rp.3 juta. Dan belum sampai dilunasi tersangka keburu berhasil tertangkap,” tandasnya.

Korban sendiri ditaksir mengalami kerugian total dengan nilai Rp 25 juta. Sedangkan uang hasil penjualan habis digunakan untuk kebutuhan tersangka.

Aparat kepolisian pun telah mengamankan sejumlah barang bukti antara lain, 1 unit motor merk Yamaha tipe RX King tahun 2002, STNK, 1 bilah pisau kecil, beberapa onderdil, 1 unit Yamaha PCX warna putih.

Polisi juga masih mendalami kasus ini dengan menyelidiki tempat kejadian perkara (TKP), mengecek CCTV di lokasi, dan meminta keterangan terhadap sejumlah saksi.

Hingga berita ini diluncurkan motif pelaku belum diketahui secara pastinya. (hus)

Komentar