Ini Fakta Lain Eceng Gondok, Bisa Sebabkan Banjir?

Ilustrasi tumbuhan air eceng gondok. (Foto: ist/5News)

5NEWS.CO.ID,- Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan yang biasanya hidup di atas air dan banyak ditemui di permukaan sungai.

Eceng gondok diketahui dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak, eceng gondok juga bisa menjadi bahan bakar alternatif, seperti bioetanol dan briket biomassa.

Meski tumbuhan tersebut dinilai berpengaruh dalam ekosistem hayati di lingkungannya. Akan tetapi, eceng gondok juga dianggap menjadi salah satu faktor penyebab banjir.

Pasalnya tumbuhan mengapung yang tumbuh bergerombol itu dinilai menghambat atau menghalangi aliran air sungai, hingga dapat menyebabkan meluapnya ketinggian air sungai.

Bahkan dampak negatif lainnya, tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Hal ini lantaran eceng gondok memiliki kecepatan pertumbuhan yang cepat.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPUTR Kab. Pati, Sudarno mengatakan eceng gondok dapat menghambat laju air dan tragisnya bisa menyebabkan warning bagi masyarakat di bantaran sungai lantaran akan memicu banjir.

Menurutnya penanganan eceng gondok di wilayah perairan di Kabupaten Pati sudah rutin dilakukan. “Penanganan eceng gondok itu kita sudah komunikasikan dengan pihak BBWS. Penanganan itu kan sifatnya rutin,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (10/7/2023).

Untuk menangani persoalan ini tentunya setiap elemen masyarakat maupun pemerintah harus bekerjasama dan menyadari untuk menjaga lingkungan.

“Penanganan eceng gondok kan sifatnya emergency ya. Pertumbuhannya itu musim tertentu, nah meski di musim tertentu harapannya ketika di saat pembersihan ya kita komunikasikan dengan BBWS,” jelasnya.

“Penanganan eceng gondok memang perlu menggandeng komunitas-komunitas peduli sungai. Termasuk juga dari komunitas Jampi Sawan yang sebentar lagi mau mengikuti lomba dari Pusdataru,” imbuhnya. (hus)