Festival Pangan Lokal Di Stadion Joyo Kusumo Pati

0
17
Festival Pangan Lokal di stadion Joyo Kusumo Pati

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Bupati Pati Haryanto meresmikan Festival Pangan Lokal di Stadion Joyo Kusumo, Jumat (9/8/2019) pagi. Rencananya, acara ini dimulai tanggal 9 dan berakhir 10 agustus 2019 besok. Festival ini merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pati ke 696, setelah sebelumnya diselenggarakan Pati Expo dan Pati Tourism.

Baca Juga:

Dalam sambutannya, Bupati Haryanto mengatakan festival pangan ini bertujuan untuk mengenalkan produk lokal kepada masyarakat. Dia berharap produk pangan lokal tak kalah dengan produk-produk buatan pabrik.

Menurutnya, produk-produk pabrik telah membanjiri seluruh wilayah hingga masuk ke daerah-daerah. Hal itu, kata dia, dapat menjadi ancaman bagi hasil bumi dan produk lokal.

“Oleh karena itu dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat lebih mengenalkan kepada masyarakat,” kata Bupati.

Bupati juga menegaskan festival pangan lokal ini tidak hanya untuk orang dewasa saja namun juga kepada anak-anak mulai dari TK, SD, SMP dan seterusnya. Jangan sampai anak-anak tidak mau makan hasil pertanian orang tuanya tetapi malah makan produk-produk olahan pabrikan dari luar negeri.

Untuk tahun selanjutnya akan digelar bersamaan acara Gemar Makan Ikan, Festival Pangan Lokal dan Gebyar PAUD. Acara ini diadakan sebagai sarana mengenalkan produk olahan daerah kepada anak-anak.

“Contohnya olahan bandeng yang telah diinovasi menjadi krispi, krupuk, bakso bahkan nugget. Ini tentunya akan perhatian anak-anak,” tuturnya.

“Kegiatan ini bertujuan mengembangkan bakat serta kreatifitas peserta lomba dan generasi muda Kabupaten Pati,” tambah Ifan Bustanudin Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Melalui festival ini, aneka keunikan produk olahan lokal Kabupaten Pati dapat diperkenalkan kepada masyarakat setempat maupun masyarakat diluar Kabupaten.

Jenis olahan pangan lokal Kabupaten Pati selama ini dianggap makanan rakyat dan murahan. Namun, menurut Ifan, sebenarnya memiliki potensi yang luar biasa jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Berbagai lomba seperti lomba inovasi pangan lokal, lomba mewarnai gambar tingkat TK, lomba melengkapi gambar tingkat SD dan bazar produk olahan lokal turut memeriahkan festival pangan lokal yang akan berlangsung selama dua hari ini.(Humas Pemkab/end)

Tinggalkan Balasan