Dua Saksi Akan Dimintai Keterangan KPK Dalam Dugaan Suap Marzuki

0

Jakarta5News.co.id – Dugaan kasus suap Bupati Jepara Ahmad Marzuki kepada hakim Pengadilan Negri Semarang Lasito, mulai akan diproses Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rencananya KPK akan memanggil dua orang saksi terkait kasus yang membelit Bupati kota ukir itu.

KPK melalui Kepala Biro Humasnya, Febri Diansyah mengungkapkan akan memanggil Kepala Pengadilan Negeri Semarang Purwono Edi Santoso dan anggota DPRD Kabupaten Jepara Agus Sutisna.

“Pemanggilan keduanya berkaitan dengan  tersangka Lasito, kedua dipanggil sebagai saksi.” Kata Febri.

Agus Sutisna, merupakan Anggota Komisi D di DPRD Jepara yang rumahnya ikut digeledah KPK, Selasa (4/12) lalu. Rumah Agus terletak didesa Kecapi Tahunan Jepara.

KPK menduga Agus dan Purwono mengetahui dugaan suap Marzuki kepada Lasito, sehingga dijadikan saksi untuk dimintai keterangan kasus suap sebesar 700 juta itu.

Sementara itu, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Bonyamin Saiman meminta KPK juga menyeret pihak yang berperan sebagai makelar penyedia dan pengantar uang perantara suap yang menggegerkan masyarakat Jepara itu.

“Dari informasi yang dihimpun MAKI, makelar suap dalam perkara ini diduga melibatkan legislator serta pegawai pengadilan,” katanya mengutip Antara.

MAKI sendiri, lanjut dia, mengapresiasi keputusan KPK yang menetapkan bupati Jepara dan Hakim PN Semarang sebagai tersangka kasus suap. MAKI sudah mencurigai keganjilan kasus suap itu sejak pihaknya akan intervensi dalam perkara itu dan ditolak. (mas)

Komentar