Peseda Onthel Ikut Arak-Arakan Adipura Kabupaten Pati

0

Pati – Peseda onthel lawas ikut meramaikan arak-arakan Adipura Kabupaten Pati di alun-alun kemarin (20/01). Komunitas sepeda onthel yang tergabung dalam komunitas sepeda tua.

Heru Joana selaku kordinator sepeda onthel tua mengatakan dalam kegiatan arak-arakan adipura, dirinya bersama teman lainya mengaku dalam rangka ikut memeriahkan. “kami bersepeda dari juana sampai ke alun-alun memang menggunakan sepeda tanpa diangkut kendaraan”.

Momentum bersepeda ini sebenarnya kami juga mengajak semua kalangan agar ikut melestarikan. “Sepeda tua sekarang sudah mulai langka sulit ditemukan karena sisa waktu jaman penjajahan sebagai sarana transportasi”, jelasnya.

Saat ditanya mengenai jumlah anggota dirinya mengatakan sudah berjumlah ratusan. Yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Pati. Keanggotaan dari semua umur tidak membedakan harus dari kalangan yang tua, bahkan minat anak muda bersepda juga sudah mulai nampak, terangnya.

Selain itu guna melestarikan kebudayaan daerah dan menyalurkan hoby bersepeda juga menggunakan kostum ala pahlawan kemerdekaan. Sehingga identik dengan sepeda yang kami pakai, tambahnya.(Han)

Komentar