Insiden Haul Solo Diluar Pengawasan Panitia

0
10

Surakarta, 5News.co.id,- Insiden yang terjadi di Haul Habib Ali Alhabsyi di Masjid Ar Raudhah Solo, Jawa Tengah berada di luar pengawasan panitia. Insiden yang membuat Habib Lutfi bin Yahya murka itu viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet.

Salah seorang keluarga Habib Anis bin Alwi Alhabsyi, bernama Habib Umar Idrus Alhabsyi menegaskan bahwa kejadian tersebut terjadi diluar lokasi acara haul. Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa acara Haul Al-Habib Ali Alhabsyi di Solo terbuka untuk siapa saja, tanpa membeda-bedakan golongan, apalagi pilihan politik.

“Pertama saya jelaskan, bahwa tidak ada satupun yang mengetahui adanya peristiwa tersebut,” kata Habib Umar, dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/12) pagi, di Solo, Jawa Tengah.

“Kedua, dalam menyikapi kejadian itu tidak bisa secara prematur. Masjid Riyadh selalu netral dalam hal politik. Contoh, boleh Sandi atau Jokowi datang ke acara haul,” tuturnya.

Habib Umar menerangkan, pihak Shohibul Haul (tuan rumah-red) tidak pernah membatasi pengunjung. Dalam konteks pilihan politik, pengunjung haul ada yang pro Jokowi, ada juga yang pro Prabowo.

“Kejadian yang dialami Habib Lutfi itu memang sangat tidak menghargai, tapi itu di luar kendali Shohibul Haul,” ujar Habib Umar, yang terhitung sebagai cucu luar Habib Anis bin Alwi Alhabsyi itu.

“Jangan dipikir Shohibul Haul tidak tersinggung dengan kejadian tersebut,” imbuhnya.

Sebelumnya, Habib Lutfi bin Yahya menghadiri acara Haul Habib Ali Alhabsyi di Masjid Ar Raudhah Solo, Jawa Tengah. Dalam acara itu, sekelompok orang, dengan nada mengejek meneriakkan yel ‘2019 Ganti Presiden’ saat melihat Habib Lutfi.

Spontan Habib Lutfi murka dan menghardik orang tersebut dengan mengatakan agar jangan mengotori acara sakral itu dengan muatan politik.(hsn)

Tinggalkan Balasan