Tangani Banjir Jakarta, Jokowi Segera Rampungkan Dua Bendungan Di Bogor

0

Bogor – 5news.co.id – Presiden Joko Widodo mengunggah kegiatannya di akun instagram miliknya. Jokowi menegaskan kunjungannya ke dua proyek bendungan di Bogor Jawa Barat untuk mengendalikan banjir kiriman yang sering terjadi di Jakarta.

“Saya meninjau dua proyek bendungan di Bogor, Jawa Barat, yang khusus dibangun untuk mengendalikan banjir di Jakarta. Letak Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi berdekatan, hanya berjarak 4,5 kilometer,” tulisnya.

Menurutnya, bendungan Sukamahi membendung hulu Sungai Cisukabirus, sedang Bendungan Ciawi menampung air hulu Sungai Ciliwung. Bila rampung tahun depan, dua bendungan ini akan menampung air sebelum dialirkan ke Bendung Katulampa.

“Air dari Katulampa inilah yang kemudian diatur untuk dialirkan secara bertahap ke Jakarta,” lanjutnya.

Rencana tersebut, katanya setidaknya bisa menyelesaikan masalah banjir Jakarta dari hilir ke hulu.  Yang selama ini selalu terjadi dan menjadi langganan setiap tahun di ibu kota.

“Di hilirnya dengan memperlebar Sungai Ciliwung dan membangun kanal sodetan Ciliwung ke BKT (banjir kanal timur), membuat sumur-sumur besar resapan, dan membersihkan saluran-saluran pembuangan air.” Pungkasnya. (mas)

Komentar