Pesan MUI Jateng Khutbah Ulama Harus Menyejukan Hindari Perseteruan

0

Jepara, 5news.co.id – Ulama harus menebarkan khutbah yang menyejukan di tengah masyarakat dan menghindari perseteruan antar sesama, ujar ketua MUI Jawa Tengah, KH. Ahmad Daroji dalam sebuah acara
yang digelar MUI Jepara di pendopo kabupaten, Minggu (19/8).

“Indonesia adalah milik kita, yang menyusun Pancasila juga para Kyai. Untuk itu saya berpesan agar para ulama membuat khutbah Jumat yang menyejukan dan menghindari perseteruan antar sesama,” Katanya dalam acara yang mengusung tema ‘Merawat Kebhinekaan Untuk Jepara Berintegritas’ itu.

Ulama kelahiran Semarang itu mengatakan bahwa ulama dan umaro memiliki peran sentral di tengah masyarakat, maka harus bersinergi dengan baik.

“Ulama harus bermitra dengan umaro, artinya mengingatkan ketika salah, harus berani meluruskan jika ada umaro yang menyimpang,” katanya.

sementara itu, Dr. KH. Mashudi selaku ketua MUI Kabupaten Jepara, menekankan pentingnya ulama dalam mengimbangi pergeseran umat di era generasi Y.

“Seiring dengan pergeseran umat di era digital ini, maka ulama yang memahami apa yang dibutuhkan umat sangat penting,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, dakwah tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh satu ormas saja, tapi kerjasama antar berbagai ormas keagamaan harus dilakukan jika dakwah ingin berhasil.

“MUI tidak akan berhasil dalam dakwah jika bekerja sendirian, untuk itu mari bekerja sama melayani umat dengan hati-hati, sepenuh hati bukan setengah hati,” pungkasnya.

Dosen UNISNU Jepara itu juga mengajak agar menguatkan persatuan menuju kabupaten jepara yang berintegritas. (ma)

Komentar