Pemerintah RI Tetapkan Idul Fitri Jatuh Hari Jumat, 15 Juni 2018

0

Jakarta, 5News.co.id – Pemerintah RI menetapkan hari Lebaran 2018 jatuh pada Jumat (15/6) setelah Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat Awal Syawal 1439 Hijriyah di Kantor Kemenag jalan MH Thamrin, Jakarta, pada Kamis (14/6) petang tadi.

Baca Juga: Tentukan 1 Syawal, Kemenag Sebar Perukyat Di 97 Lokasi

Sidang penetapan awal bulan Syawal itu dimulai pada pukul 16.00 WIB yang dengan diawali paparan astronomi sebagai unsur informatif terkait posisi hilal, dari informasi yang berhasil dihimpun perukyat diberbagai lokasi akan menjadi sebuah keputusan konfirmatif setelah melalui sidang isbat.

Sidang isbat dilaksanakan secara tertutup sesuai permintaan ormas sehingga tidak memicu polemik di tengah masyarakat. Sidang isbat dihadiri oleh kalangan terbatas beserta para tamu undangan. Dalam sidang isbat dibahas pertimbangan-pertimbangan rukyat dan hisab untuk menentukan awal Syawal.

Baca Juga: Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan Hari Kamis, 17 Mei 2018

Sidang isbat tersebut diakhiri dengan pengumuman penetapan tanggal 1 Syawal, yang merupakan Hari Raya Idul Fitri dalam jumpa pers bersama awak media televisi, radio, cetak dan online.(hsn)