Menlu: Indonesia Tegas Mendukung Kemerdekaan Palestina

0

Jakarta, 5News

Menteri Luar Negri Retno Marsudi mempertegas kebijakan bangsa Indonesia terkait kemerdekaan Palestina, mendukung perjuangan mereka untuk merdeka dan tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan penjajah Palestina, Israel. hal itu ditegaskan Menlu di kantornya pada Jumat (1/6).

Baca Juga: Menlu Berharap Indonesia Menjadi Anggota DK PBB

“Kita tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.”tegasnya. “Kedua, Indonesia akan terus bersama Palestina dalam perjuangan mereka untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak-hak mereka. Jadi keberpihakan politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina sudah sangat jelas,” tegasnya.

Retno juga menepis isu yang beredar bahwa ada negosiasi rahasia yang membahas hubungan diplomatik antara Indonesia Israel padahal tidak pernah memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga: Israel Larang WNI Masuk Wilayahnya

Hal senada disampaikan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang menjelaskan soal
penolakan visa 53 warga negara Israel yang ingin masuk ke Indonesi, menurutnya sikap tegas itu sebagai kewenangan Indonesia.

“Benar bahwa ada warga negara Israel dan kita tidak berikan visanya. Itu adalah kewenangan kita sebagai negara,” tegas Yasonna.

Baca Juga: 4 Balita Dan 9 Wanita Menjadi Korban Peluru Israel

Entah ada hubungannya atau tidak dengan sikap Indonesia itu, Israel juga memberlakukan Peraturan kontroversial yang sama dengan menolak visa WNI yang akan berkunjung ke Yerusalem, tempat suci milik tiga agama; Yahudi, Kristen dan Islam yang sekarang di control Negara Zionis itu.

Yasonna juga menyatakan kekecewaannya atas keputusan otoritas Israel yang akan diberlakukan pada 9 Juni 2018 itu. (ma)