Agresi  Arab Saudi Sebabkan Penduduk Yaman Makan Daun Akibat Kelaparan

0

Sanaa, 5News.co.id,- Agresi Arab Saudi atas Yaman menyebabkan hancurnya infrastruktur di negara itu dan meluasnya bencana kelaparan. Badan yang menangani bantuan makanan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa, World Food Program (WPF) menyatakan saat ini hampir 12 juta penduduk Yaman tak tahu bagaimana mereka mendapatkan makanan dan berada diambang bencana kelaparan.

Juru bicara WFP Herve Verhoosel, pada Rabu (17/10) kemarin mengatakan bahwa Yaman sedang mengalami krisis kelaparan terparah di dunia saat ini. Sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Verhoosel juga mengungkapkan bahwa PBB menggambarkan situasi di negara itu sebagai salah satu bencana kemanusiaan terburuk di era modern.

Verhoosel juga mengungkapkan bahwa sekitar 40{87a6ba9263d977182cf0a134e761ac1c7030e18f2a2187e1929c78f85c4b9bec} anak berusia di bawah 5 tahun, saat ini mengalami kekurangan gizi akut di negara itu.

Aslam, sebuah distrik di wilayah Yaman Utara dilaporkan mengalami kondisi terburuk akibat agresi berkepanjangan Arab Saudi atas Yaman. Kondisi memprihatinkan di wilayah itu membuat para aktivis syok dan lembaga kemanusiaan terperangah.

Disebutkan tingkat penderitaan penduduk Yaman di wilayah itu, sampai pada batas harus memakan rebusan daun anggur lokal yang tumbuh di lingkungan setempat.

Mekkiya Mahdi, Kepala Pusat Kesehatan setempat mengungkapkan keheranannya atas penderitaan penduduk Aslam.

“Kita hidup di abad ke-21, ditempat lain tak mungkin kita temukan kondisi mengenaskan seperti di Aslam,” ujarnya.

Mahdi mengaku tak sanggup memasukkan sesuap makanan pun ke mulutnya selama beberapa hari, setelah kunjungannya di desa-desa yang terletak di wilayah utara Yaman itu.(mad)

Komentar