’11 Juta’ Peserta Reuni 212 Indonesia vs 50 Ribu Demonstran 812 Malaysia

0

Jakarta, 5News.co.id,- Pro kontra jumlah peserta aksi massa Reuni 212 yang konon mencapai 11 juta itu, masih terus menjadi perbincangan. Sepekan setelah aksi massa itu digelar di Jakarta, Negeri Jiran juga menggelar aksi yang sama pada Sabtu (8/12) di Merdeka Square, Kuala Lumpur Malaysia.

Pihak penyelenggara dan tokoh-tokoh yang hadir pada Reuni 212 mengklaim bahwa massa peserta aksi itu mencapai 11 juta orang. Di lain pihak, para pengamat beserta warganet menyangsikan angka tersebut.

Berdasarkan pantauan 5news, data statistik gelombang massa yang menuju monas pada tanggal 2 Desember 2018 lalu, mengindikasikan lonjakan hingga 10 kali lipat dari jumlah normal.

Vice President Komunikasi Perusahaan KCI, Eva Chairunisa mengatakan, di Stasiun Juanda, jumlah penumpang hingga pukul 10.00 WIB pada Minggu (2/12) mencapai 40.170 orang, naik 9 kali lipat dari biasanya, yaitu sebanyak 4.718 penumpang. Sementara di Stasiun Gondangdia tercatat 47.559 penumpang, naik 15 kali lipat dari jumlah normal, yakni 3.229 penumpang.

Massa pada hari itu memadati area Monas hingga Bundaran HI. Luas Monas diperkirakan sekitar 80 hektar, sementara Bundaran HI dan ruas jalan MH Thamrin sepanjang 2 km memiliki luasan sekitar 13 hektar. Total luas kedua area itu ditambah luas jalan penghubungnya adalah sekitar 93 hektar.

Menggunakan rumus seorang pakar kerumunan dari University of Illinois, Clark McPhail, seseorang dapat dengan nyaman berdiri dalam bidang seluas lima kaki persegi, atau setara 0,646 meter persegi. Dalam situasi ramai, setiap orang dapat menempati separuh dari luas bidang semestinya.

Dengan asumsi kepadatan maksimal, setiap orang yang hadir disana berdiri dan menempati luasan sebesar 0,323 meter persegi. Area seluas 93 hektar itu, hanya mampu menampung sekitar 2.800.000 an orang. Klaim 11 juta massa peserta Reuni 212 itu membutuhkan 5 area seluas Monas, Bundaran HI beserta ruas jalan penghubungnya.

Berbeda dengan Jakarta, pemberitaan media terkait peserta aksi demo 812 di Kuala Lumpur Malaysia itu tidak menjadi topik pembahasan. Media memberitakan jumlah massa yang memenuhi area Merdeka Square seluas 2 hektar, dan jalan-jalan di sekitarnya itu, diperkirakan sebanyak 50.000 orang.

Baik penyelenggara maupun peserta aksi massa tersebut, sama sekali tak mempermasalahkan pemberitaan media, yang menyebutkan angka lima puluh ribu. Tak satupun anasir oposisi Malaysia terdengar protes atau mengecam media yang enggan menyebut angka fantastis jumlah peserta aksi massa 812 di Kuala Lumpur Malaysia.(hsn)

Komentar