Warga Desa Tayu Wetan Tanam 1.500 Bibit Jambu Kristal

0

Pati, 5News.co.id,- Minggu pagi (17/2) warga desa Tayu Wetan, Tayu, Pati tampak berduyun-duyun mendatangi balai desa untuk menghadiri penyerahan bibit jambu.

Penyerahan bibit jambu ini dilaksanakan langsung oleh kepala desa, bapak H. Zaenuri. 1.500 bibit tersebut dibagikan kepada warga yang terdiri dari 15 RT. Setiap rumah mendapatkan 1 bibit dan ada tambahan 20 bibit untuk tiap RT.

Menurut Zaenuri pembagian bibit jambu kristal ini adalah bentuk pemberdayaan masyarakat sekaligus dorongan untuk menjaga kesadaran bertani dan berkebun di kalangan warga desa.

Bibit-bibit ini tidak hanya diserahkan begitu saja, tetapi akan ada pengecekan secara berkala. “Saya mengimbau kepada masyarakat desa agar bibit-bibit ini dirawat dan dikembangkan. Rencananya enam bulan ke depan akan diadakan lomba dengan kategori jumlah serta kualitas buah yang dihasilkan”, ujar kepala desa yang secara pribadi gemar berkebun tersebut.

“Buahnya kalau ingin dinikmati sendiri silakan. Kalau ingin dijual, kami juga siap membantu pemasaran buahnya dan hasil penjualan itu biar dinikmati warga sendiri, bukan untuk pemerintah desa”, tambahnya.

Didik Siswanto, ketua RT 03/02 menyambut baik program desa ini. “Memang harus begitu. Ini bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tiap satu bibit ini nantinya bisa dicangkok lagi dan kalau berbuah bisa menghasilkan buah yang banyak. 1.500 bibit ini kalau dikelola dengan baik bisa jadi ikon desa. Desa kita akan menjadi sentra jambu kristal”, tandasnya.

Secara bersamaan, di samping penyerahan bibit jambu kristal, minggu pagi ini juga diadakan kerja bakti bersih lingkungan di seluruh desa.(abd)

Komentar