Banjir Terjang Kudus Beberapa Desa Terendam

0

Kudus – 5news.co.id – Banyak Desa di beberapa Kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terendam banjir setinggi 30 cm. Ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Bergas Catursari Penanggungan, Jumat (25/1).

Seperti di desa Tanjungkarang dan desa Loram Kulon di
Kecamatan Jati, Desa Sidorekso Kecamatan Kaliwungu, Desa Mejobo di Kecamatan Mejobo, Desa Dersalam di Kecamatan Bae dan Desa Bulung yang tetletak di Kecamatan Jekulo.

“Umumnya banjir yang terjadi karena kapasitas saluran air di kawasan permukiman tidak mampu menampung dan tidak lancar. Termasuk sungai yang banyak sampahnya,” katanya seperti dilansir Tribun Jateng.

Menurutnya, Banjir yang terjadi bersifat sementara yang diakibatkan tingginya curah hujan yang terjadi dalam dua hari ini dan akan surut dengan sendirinya ketika intensitas hujan mulai menurun.

Seperti di Desa Tanjungkarang misalnya, banjir terjadi di RW 3. Sedikitnya 15 rumah terendam banjir dan warga harus nengungsi ke rumah kerabat atau tetangga yang tidak terkena banjir.

Menurut Suyoto Ketua RW 3 Desa Tanjungkarang, di wilayahnya ada tiga RT yang terendam banjir, yaitu RT 1,2, dan 4.

Banjir terjadi karena air hujan tidak bisa masuk gorong-gorong karena terlalu sempit dan akhirnya menggenangi permukiman, ungkapnya. (mas)

Komentar