Banjir di Kayen Pati, Warga Usulkan Pengerukan Sungai

0

Pati, 5News.co.id,- Warga mengusulkan pengerukan Sungai Kesinan sebagai salah satu langkah untuk mengatasi banjir di Kec. Kayen, Kab. Pati. Banjir yang hampir setiap tahun menggenangi area pemukiman, ladang serta sawah warga setempat, disinyalir akibat pendangkalan sungai Kesinan.

“Banjir itu karena pendangkalan sungai. Air hujan dari daerah lain yang lebih tinggi juga melewati Kayen,” kata Samsul Hadi, warga Desa Srikaton, Kec. Kayen Kab. Pati, kepada 5News.co.id, Jum’at (26/1) siang.

Samsul mengatakan bahwa desanya dilewati sungai Kali Kesinan. Menurut Samsul, penggundulan hutan yang terletak di sekitar Kec. Kayen, juga menjadi sebab seringnya banjir di desanya.

“Kali Kesinan sudah waktunya dikeruk. Pengerukan terakhir dilakukan 3 tahun yang lalu,” tambahnya.

Samsul menjelaskan bahwa seharusnya Kali Kesinan dikeruk setiap 4 tahun sekali. Dia menganggap, gundulnya hutan dan pendangkalan Kali Kesinan adalah penyebab utama meluapnya sungai yang melewati desanya.

Berdasarkan pantauan 5news.co.id, sungai yang melewati beberapa desa di Kec. Kayen itu meluap akibat hujan yang mengguyur wilayah Pati selama beberapa hari terakhir.

Hingga Jumat (25/1) sore, air masih menggenangi sawah, ladang serta halaman rumah penduduk setempat.(hsn)

Komentar