Kabupaten Jepara Kembali Raih Piala Adipura Yang Ke 15

0

Jepara -5news.co.id – Kabupaten Jepara kembali meraih penghargaan Piala Adipura oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ke 15 kalinya. 14 kali menerima piala serupamsecata berturut-turut.

Kedatangan piala tersebut disambut meriah ratusan warga Jepara, di perbatasan Demak-Jepara, atau Desa Gedangan Kecamatan Welahan, Selasa (15/1) siang.

“Saya berterima kasih kepada seluruh unsur masyarakat, terkhususnya pada petugas kebersihan yang sudah berjuang keras untuk menjaga Kabupaten Jepara selalu bersih,” kata Bupati Jepara Ahmad Marzuki dalam sambutannya.

Menurutnya, ada empat indikator Kabupaten Jepara bisa mendapatkan penghargaan Adipura.

“Yakni, kota harus bersih, kota harus teduh, kota harus sehat, dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang baik,” katanya.

Bupati juga berharap para pahlawan Adipura, mulai dari para pemangku kebijakan hingga para penyapu jalan dan lingkungan lebih meningkatkan kinerjanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Jepara Junarso, perolehan Adipura kali ini menjadi motivasi untuk meraih Adipura Kencana pada tahun yang akan datang.

“Untuk itu, pemerintah daerah diharapkan mampu mendorong masyarakat, untuk berperan aktif, utamanya dengan membentuk kelompok pengelolaan sampah mandiri yang mendirikan bank sampah,” katanya.

Bank-bank sampah memiliki peran yang sangat besar dalam upaya mengelola samoah di Kabupaten Jepara, ujar dia.

APBD tahun 2019 untuk anggaran kebersihan juga mengalami kenaikan sedikit di bandingkan tahun lalu. Yakni dari Rp 2,8 miliar menjadi Rp 2,9 miliar pada tahun ini.

“Demikian pula untuk pengelolaan TPA, tahun ini naik dari Rp 1,3 miliar menjadi Rp 1,4 miliar,” katanya.

“Harapannya, pemerintah daerah mampu memaksimalkan pengelolaan kebersihan di Kabupaten Jepara,” pungkasnya. (Jepara.go.id/mas)

Komentar