Ayo Daftar! Bawaslu Jepara Butuh 3.285 Pengawas TPS

0

Jepara -5news.co.id – Pemilu yang akan di gelar pada 17 April mendatang, Bawaslu Jepara membutuh sebanyak 3.285 orang pengawas TPS yang akan ditugas di 184 desa dan 11 kelurahan sekabupaten Jepara.

Hal itu disampaikan anggota Bawaslu Kabupaten Jepara Kordiv. Organisasi dan SDM Abd. Kalim, M.Pd.I pada saat rapat koordinasi dengan Panwaslu kecamatan yang digelar Sabtu (12/1/) kemarin.

“Kami mencari orang yang mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur,dan adil untuk dijadikan bagian dari Pengawas dijajaran Bawaslu Jepara” kata Kalim.

Kalim menyebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi calon pengawas minimal berusia 25 tahun pada saat mendaftar dan berijasah minimal SLTA/sederajat.

“Syara lain yaitu tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara dan tidak menjadi pengurus parpol, anggota partai politik serta tim sukses,” katanya.

Disamping itu, Bawaslu juga mengutaman calon pengawas yang mempunyai pengalaman dalam pengawasan pemilu serta menguasai IT.

“Untuk syarat yang lain dapat dibaca pada pasal 117 Undang Undang Nomor 7 tahun 2017” ujar kalim.

Kalim juga berharap agar Panwaslu Kecamatan sedini mungkin memberikan informasi kepada masyarakat dengan harapan calon peminat bisa mempersiapkan diri sedini mungkin.

“Diperkirakan pendaftaran akan dibuka pada awal bulan Maret 2019,” lanjutnya.

Berdasarkan UU No.7 Tahun 2017 masa tugas Pengawas TPS adalah satu bulan, dimulai dari 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan 7 hari setelah pemungutan suara.

Tugas Pengawas TPS terfokus pengawasan pada 1 TPS mulai dari proses/ sebelum pemungutan dan penghitungan suara dan pada saat hari pemungutan dan penghitungan suara serta berkewajiban melaporkan hasil pengawasan kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panitia Pengawas Desa/Kelurahan (PPDK). (mas)

Komentar