Rangkul Pemuda Desa, Kader PSI Sosialisasikan Koperasi Progresif di Madura

0
7

Sumenep, 5News.co.id,- Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Habib Husin Shahab sosialisasikan program Koperasi Progresif di desa-desa di kawasan Sumenep, Madura, Jawa Timur. Hal itu dilakukan, untuk mengoptimalkan potensi desa serta memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat setempat, khususnya dari kalangan pemuda.

“Banyak aspirasi yang saya serap, diantaranya lapangan pekerjaan bagi para pemuda-pemudi desa,” kata Habib Husin Shahab, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/1) sore, di Sumenep.

Kader PSI itu mengaku, koperasi progresif adalah salah satu program yang sedang diperkenalkan kepada masyarakat. Dia menjelaskan, koperasi ini tidak hanya berfungsi untuk simpan pinjam saja, tetapi juga membantu anggotanya dalam hal manajemen, marketing dan penjualan hasil produksi.

“Dengan sistem progresif ini, koperasi lebih mudah mengontrol perkembangan dana pinjaman yang digunakan debitur,” jelasnya.

Habib Husin mengatakan, program ini dikelola langsung oleh para pemuda desa, walaupun tidak secara langsung melibatkan pemerintah desa. Selain membantu permodalan warga desa, melalui sistem ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan usaha baru bagi generasi milenial.

“Banyak bidang yang dapat dikembangkan, baik sektor pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan atau home industri (UMKM). Bahkan dengan adanya program koperasi progresif, kita juga bisa manfaatkan peran anak muda desa untuk lebih kreatif agar dapat meningkatkan income desa. Salah satunya menciptakan Destinasi Wisata Desa sehingga desanya menjadi ramai untuk dikunjungi wisatawan lokal bahkan mungkin dari luar,” tutur dia.

Dia berharap melalui program tersebut, mindset anak muda desa dapat berubah. Kader muda PSI itu mengatakan, program ini diharapkan membawa perubahan bagi warga desa, sehingga mereka tak harus merantau ke kota, demi mendapatkan pekerjaan.

“Biasanya orang desa yang ke kota, namun dengan adanya program itu orang kota yang akan datang ke desa kita untuk berlibur atau rekreasi. Bahkan mungkin tidak segan-segan untuk berinvestasi,” ujarnya.

Habib Husin menambahkan, kelak pemuda desa dapat bekerja di desanya sendiri dan tidak perlu jauh-jauh ke kota untuk mencari pekerjaan.(hsn)

Tinggalkan Balasan