Swadaya Warga Desa Jrahi Antisipasi Longsor

0

Pati, 5News.co.id,- Bentang alam Kabupaten Pati selain lautan, juga terdapat daerah pegunungan yang berpotensi longsor sebab hujan. Salah kawasan pegunungan tersebut adalah Desa Jrahi dukuh Nglorah yang pernah longsor beberapa waktu yang lalu.

“Di sini pernah terjadi longsor beberapa tahun yang lalu dan mengakibatkan sebagian harta benda tertimbun material longsor,” terang Ruhayah kepada wartawan, Rabu (2/1) siang.

Rumah Ruhayah terletak tepat di kawasan yang pernah terjadi longsor. Diam mengaku cemas saat musim hujan seperti sekarang. Dia khawatir bencana longsor seperti yang pernah terjadi, terulang kembali.

Untuk saat, curah hujan memang belum begitu tinggi, namun masyarakat setempat merasa cemas mengingat kejadian longsor beberapa tahun lalu. Warga kemudian menanam tanaman yang mampu menahan tanah jika sewaktu-waktu hujan deras datang.

Selain itu, mereka juga membangun tembok penguat (talud-red) agar tanah yang mengandung banyak air tidak menjadikan tanah menjadi gembur. Warga juga membuang kotoran sapi langsung ke tanah. Hal itu menjadi salah satu sebab tanah menjadi gembur dan berpotensi longsor.

“Musim kemarau panjang membuat tanah di lereng pegunungan retak atau pecah, ketika musim hujan datang, air hujan meresap ke dalam tanah yang retak tersebut dan menjadi sebab tanah longsor,” tambahnya.

Saat ditanya kesiapan warga menghadapi musim hujan sampai saat belum ada sosialisasi dari pemerintah terkait upaya dini tanggap bencana.

“Pemerintah kami harapkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang berada di titik rawan bencana longsor khususnya kami yang berdomisili di lereng gunung Muria,” katanya.(han)

Komentar