​Agus Sunyoto: Jepara Lebih Terkenal Dari Demak

0

Jepara – 5news.co.id – Japara atau Jepara sudah sejak lama di kenal di dunia. Pasca Wali Singo Jepara lebih terkenal dari Demak. Sebab Demak masuk wilayah pedalaman, sedangkan Jepara pesisir.

Fakta tersebut didedah KH. Prof. Dr. Agus Sunyoto, M.Pd saat Seminar kebangsaan dalam rangka harlah ke 135 Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara, Kamis (27/12).

“Pantai Pesisir utara Jawa, khususnya pelabuhan Jepara sangat terkenal. Dalam catatan Portugis tidak menulis para penguasa Demak, tapi Pati Unus dan Sabrang Lor dua penguasa Jepara yang menyerang Portugis di Malaka,” ungkap ketua Lesbumi itu.

Pengarang buku Atlas Wali Songo itu juga  menyebutkan bahwa pada 13 Juli 1511 Portugis menaklukan Malaka, namun saat itu Malaka tidak mudah ditaklukan karena sudah diperkuat oleh meriam yang di datangkan dari Jawa.

“Benteng Utara Malaka sudah diperkuat pasukan bayaran dari Jawa sejumlah 500 orang. Merekalah tentara bayaran dari Jepara,” lanjutnya.

Bahkan pada tahun 1556 Ratu Kalinyamat, Ratu dari Jepara memimpin sebuah serangan besar ke Portugis di Malaka.

“Meski gagal mengalahkan Portugis, namun ketangguhan armada laut Ratu Kalinyanat disegani kawan dan ditakuti lawan.” Katanya di hadapan ratusan peserta seminar. (mas)

Tinggalkan Balasan