Dinkes Jepara Gelar Deklarasi Bebas Buang Air Besar Sembarangan

0

Jepara – 5news.co.id – Di kabupaten Jepara masih ada masyarakat yang buang air besar sembarangan, untuk itu perlu gerakan kesadaran bersama menjaga lingkungan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Ir. Sholih MM mewakiki Bupati Jepara Ahmad Marzuki pada acara Deklarasi Open Defecation Free atau Bebas Buang Air Besar Sembarangan tahun 2018 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara di gedung Wanita, Rabu (19/12).

“Di kabupaten Jepara warga miskin sangat minim, tapi masih banyak yang buang air besar sembarangan, masih banyak yang belum sadar tentang arti kesehatan,” ungkap Sholih di hadapan 81 Desa atau Kelurahan se – Jepara itu.

Untuk itu menjadi tugas kita bersama sebagai warga Jepara dalam mengajak memberikan arahan dan sosialisasi kepada masyarakat bersama sama menjaga kebersihan lingkungan, lanjutnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Jepara Mudrikatun. MMKes mengatakan tahun 2019 masyarakat harus lebih menjaga kebersihan lingkungan agar jauh dari penyakit.

“Semoga di tahun yang akan datang, seluruh wilayah di Jepara sudah ODF semuanya,” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjutnya, mengajak semua lapisan masyarakat untuk stop buang air di sembarang tempat.

“Saya pribadi meyakini bahwa dengan menjaga kebersihan lingkungan kita, akan di jauhkan dari penyakit,” pungkasnya.

Di akhir acara, Dinkes Kabupaten Jepara memberikan sertifikat bagi Desa atau Kelurahan yang telah lolos verifikasi ODF.

Acara tersebut dihadiri oleh Babinsa Demaan Koramil 01/Jepara Serda Suminto, seluruh kepada Desa/Kelurahan se-Jepara dan kepala Puskesmas se-Jepara. (tebasberita/mas)

Komentar