Go Internasional, SMK Muhammadiyah 2 Blora Siapkan Tari ‘Kang Sakti Joko Lodro’

0

Blora, 5News.co.id,- Tari Kang Sakti Joko Lodro akan ‘go internasional’. SMK Muhammadiyah 2 Blora sedang menyiapkan Tari Kang Sakti Joko Lodro untuk tampil pada Festival Janadriyah ke-33, di Riyadh, Arab Saudi pada akhir Desember. Tari khas masyarakat Blora itu dianggap mewakili karakter khas bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Blora.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Blora Sumarno S.Pd. M.Pd.I mengatakan, Tari Kang Sakti Joko Lodro merupakan kolaborasi antara seni tari dan pencak silat. Dalam seni tari khas Blora itu, ketekunan, kekuatan dan kesetiaan tergambar dalam gerakan-gerakannya.

“Tekun, kuat dan setia, itu karakter asli masyarakat kami. Saya ingin menampilkan budaya asli Blora ini, supaya go internasional,” ujar Sumarno, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/12) malam, di Blora.

Kepsek menjelaskan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menunjuk SMK Muhammadiyah 2 Blora untuk tampil pada Festival Janadriyah ke-33 mendatang. Pria berusia 43 tahun itu juga mengatakan bahwa pihaknya kini sedang mempersiapkan diri untuk tampil pada even internasional di Riyadh, Arab Saudi.

“Tanggal 29 November lalu, Kemendikbud memilih kami untuk menampilkan kearifan lokal asli Blora di Festival Janadriyah,” kata dia.

“Sedang kita persiapkan 5 putra terbaik kami, masing-masing bernama Suprihanto, Suprihadi, Agil Khukuh Bhatiar, Iqbal Sakti Commando dan Nurengga Rizky Febrian agar tampil prima. Setiap hari mereka latihan,” tambah Kepsek.

Kepsek yang telah memimpin SMK Muhammadiyah 2 Blora sejak tahun 2012 itu mengaku ingin mengharumkan nama bangsa, serta turut mewarnai perdamaian dunia melalui penampilan anak didiknya pada even itu.

Dia juga berharap dukungan dari semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Blora, kepada sekolah yang dipimpinnya. Sumarno mengatakan, kali ini pihaknya maju sebagai wakil bangsa Indonesia pada Festival Janadriyah ke-33 mendatang.

Menurut Kepsek, SMK Muhammadiyah 2 Blora pernah memenangkan Juara 1 pada Kejuaraan Nasional Pencak Silat Ganda Putra. Selain itu, sekolahnya juga pernah mewakili Jawa Tengah, pada POPNAS cabor Pencak Silat Ganda Putra, pada tahun 2017 lalu.

Menurut cerita, Joko Lodro atau Gendruwon adalah tokoh dalam kesenian barongan di Kabupaten Blora. Joko Lodro mengalahkan Singo Barong yg menjaga Hutan Wengker. Joko Lodro memiliki karakter tekun, kuat dan setia.

Tarian Joko Lodro itu menggambarkan ketekunan Joko Lodro dalam berlatih, kekuatan tubuh serta kegesitannya kala bertempur.(hsn)

Komentar