Demi Cinta, Raja Malaysia Rela Turun Tahta

0

Kuala Lumpur, 5News.co.id,- Sultan Muhammad V resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai dipertuan Agong Malaysia. Setelah menikah dengan Miss Moscow 2015, Oksana Vojvodina, pada 22 November 2018.

Pengunduran diri seorang raja, baru pertama kali terjadi di Malaysia. Pihak Pengawas Keuangan Rumah Tangga Kerajaan Datuk Wan Ahmad Dahlan Ab Aziz dalam sebuah pernyataan semalam (6/1/2019) mengonfirmasi pengunduran diri Sultan Muhammad V.

Belum diketahui pasti alasan pengunduran diri tersebut, namun rakyat memperkirakan hal itu berkaitan dengan pernikahannya dengan Miss Moscow 2015.

Raja tersebut mulai memerintah pada 13 Desember 2016. Menurut pihak kerajaan, pengunduran dirinya sesuai dengan Pasal 32 (3) Konstitusi Federal.

Sultan yang berusia 49 tahun itu juga menjadi sanksi sejarah kemenangan koalisi Pakatan Harapan (PH) atau Barisan Nasional (BN). Dia pula yang memberikan ampunan kepada Anwar Ibrahim sehingga bisa keluar dari penjara dan kembali berpolitik.

Para penguasa Kerajaan Malaysia dijadwalkan bertemu hari ini (7/1/2019). Alasan pengunduran diri Raja Malaysia ini belum diketahui. “Konstitusi mengatur agar Konferensi Para Penguasa mengadakan pertemuan untuk memilih seorang raja baru jika terjadi kekosongan.”, kata pakar hukum Assoc Professor Dr Shamrahayu Abdul Aziz.

Penguasa-penguasa tersebut berasal dari

sembilan Penguasa Melayu serta Yang di-Pertua Negri seperti Penang, Melaka, Sabah dan Sarawak.

Wakil Yang di Pertuan Agong saat ini adalah Sultan Nazrin Muizzuddin Shah. Dia terpilih pada 14 Oktober 2016. “Pemilihan yang dipertua agung yang baru harus dipilih selambat-lambatnya 4 minggu setelah kekosongan kekuasaan terjadi.”, kata pihak Kerajaan Malaysia.

Komentar