Emagz LIMA Edisi 15

0

[3d-flip-book mode=”fullscreen” id=”29475″ ][/3d-flip-book]

Kitab (Berkedok) Tauhid

Sebuah buku berjudul Syarah Kitab Muqarrar Fit Tauhid (Kurikulum Tauhid) oleh Syaifurrahman Arkhabiliy dan dipublikasikan oleh Arkhabiliy Press. Buku tersebut memuat tahapan keimanan dengan membenci, mengingkari, mengkafirkan dan memusuhi. Buku ini mengadopsi doktrin-doktrin wahabisme yang dipopulerkan pemerintah Saudi Arabia.

Buku itu menceritakan bahwa Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab mengatakan, tauhid itu mesti dilakukan dengan hati, lisan dan amal.  Jika salah satu dari tiga hal ini tidak terpenuhi maka orang itu bukanlah seorang muslim dan dianggap sebagai orang kafir.

Syaikh Sulaiman bin Abdullah, cucu dari Muhammad bin Abdul Wahhab mengatakan orang bisa menjadi kafir hanya dengan salah satu sebab dari tiga hal saja tanpa harus terkumpulnya semua tiga hal tersebut. Bisa jadi dia kafir di sebabkan karena hatinya saja atau karena disebabkan amalannya saja atau karena perkataannya saja, 

Sulaiman menyebut bahwa kewajiban pertama yang harus dipelajari dan diamalkan oleh seorang hamba adalah kufur kepada Thaghut sebelum iman kepada Allah. Kufur kepada Thaghut harus didahulukan supaya orang bisa menghiasi dirinya dengan tauhid.

Asal Mula JAD
Jamaah Ansharut Daulah (JAD) selama ini merupakan sumber aksi teror. Kelompok ini didirikan oleh Amman Abdurahman, seorang pendukung Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) pada 2014 lalu. Hal ini terungkap dalam persidangan Amman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada pertengahan tahun 2018. Pemerintah juga menetapkan JAD sebagai organisasi terlarang melalui persidangan.

Hubungan JAD dan ISIS

Menurut pengamat, JAD terafiliasi dengan ISIS, sementara JI menginduk pada al-Qaeda. Peneliti terorisme Al Chaidar menjelaskan bahwa pola serangan JAD cenderung acak. Serangan-serangan mereka, selain masih berskala kecil, dampaknya juga kurang terukur dan lebih cenderung menyasar publikasi sebagai efeknya.

Majalah elektronik mingguan (Emagz) dalam format flipbook agar mudah dibaca.
Harga Rp 12.500/edisi atau Rp 50.000/bulan.
Untuk berlangganan silahkan isi formulir berikut
Formulir Langganan atau hubungi Endah085727788492.

Komentar