LAPAN Peringatkan Banjir Besar, 19 – 20 Februari 2021

0
Ilustrasi mendung menjelang hujan (Foto:Google Images)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID- Tim Reaksi Analisis dan Kebencanaan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional – (TREAK LAPAN) menghimbau kepada seluruh warga di Jadebotabek untuk waspada atas bencana banjir besar pada 19 – 20 Februari 2021.

Menurut Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa), aplikasi sistem peringatan dini atmosfer ekstrem berbasis satelit dan model atmosfer dari Litbang LAPAN menunjukkan akan terjadi hujan ekstrem mulai pukul 23:00 WIB di area Jakarta dengan intensitas yang luas meliputi Depok, Bekasi, Tangerang hingga Karawang.

Erma Yulihastin selaku anggota tim TREAK menyebutkan bahwa hujan ekstrem tersebut diprediksi mencapai intensitas maksimum pada pukul 5:00 WIB dan kemudian berkurang dalam skala meso terjadi sepanjang hari hingga pukul 17:00 WIB di Jakarta dan sekitarnya.

Ilustrasi Suasana Ibukota DKI Jakarta menjelang hujan (Foto:Google Images)

Sore harinya, hujan terbentuk dikawasan Bogor dan menuju ke Jakarta dengan peningkatan hujan menjelang tengah malam pukul 23:00 WIB, bahkan hujan di Jakarta akan terus terjadi hingga pukul 4:00 WIB tgl 20 Februari 2021.

Sebelumnya, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat merilis peringatan dini bahaya banjir, Rabu (17/02/21) yang akan terjadi di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur yang berlaku sejak tanggal 18 – 19 Februari 2021. (wan)

Komentar