Jokowi Resmi Lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

0
Prosesi Pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo, Rabu, (27/01/21). (Foto:Google Images)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID- Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (27/1/2021) menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang telah memasuki masa pensiun.

Dengan pelantikan ini, pangkat Listyo Sigit sebelumnya dari Komisaris Jendral naik menjadi Jendral.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sigit adalah calon tunggal Kapolri yang dipilih Presiden Jokowi dan memasuki masa pensiun.

DPR menyetujui Listyo Sigit Prabowo dalam rapat paripurna DPR, setelah lulus melalui rangkaian fit dan propert test hingga Komisi III menyetujuinya sebagai Kapolri.

Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 09:30 WIB yang dihadiri Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani dan menteri Kabinet Indonesia Maju sehingga dengan demikian, Sigit resmi menjadi Kapolri menggantikan Idham Azis.

Pengangkatan Sigit sebagai Kapolri dituangkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan, Jokowi mengambil sumpah jabatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Listyo merupakan pria kelahiran Ambon, Maluku tahun 1969 yang merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991.

Jendral bintang tiga ini sebagian besar mengabdi di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Tahun 2009, beliau pernah menjabat sebagai Kapolres Pati, lalu Kapolres Sukoharjo dan Wakapolrestabes Semarang tahun 2010 lalu.

Tahun 2011, sebagai Kapolres Surakarta atau Solo yang kebetulan disaat yang sama, Walikota Solo dijabat oleh Jokowi kala itu. (wan)

Tinggalkan Balasan