Viral Foto Seorang Ibu Perjuangkan Ganja Medis Untuk Anaknya

0
Ibu Santi saat CFD di Jakarta viral di medsos karena butuh ganja medis. (Foto: Twitter/@andienaisyah)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Unggahan foto seorang ibu yang memperjuangkan ganja medis untuk pengobatan anaknya viral di media sosial. Unggahan viral itu bermula dari utas yang dibagikan di Twitter pada Minggu (26/06/22).

“Tadi di CFD, ketemu seorang Ibu yang lagi bareng anaknya (sepertinya ABK) bawa poster yang menurutku berani banget. Pas aku deketin beliau nangis,” tulis akun tersebut.

Dalam utas itu, pengunggah juga mengunggah foto ibu tersebut yang berdiri di samping anaknya sambil membawa poster bertuliskan:

“Tolong, anakku butuh ganja medis,” begitu bunyi poster tersebut.

Hingga Senin (27/06/2022), unggahan tersebut telah disukai oleh 121.000 pengguna akun twitter dan mendapat komentar oleh lebih dari 1000 pengguna.

Seperti dikutip dari Kompas TV, ibu yang membawa poster bertuliskan anaknya tengah membutuhkan ganja medis itu bernama Santi yang berasal dari Sleman, Yogyakarta.

Berdasarkan keterangan Santi, anaknya mengidap cerebral palsy yang merupakan penyakit kelainan otak dan sulit diobati.

Kelainan ini diderita anaknya sejak anaknya menginjak taman kanak-kanak. Santi menuturkan, anaknya lahir dalam kondisi normal, namun kesehatannya semakin menurun.

Ia pun disarankan temannya yang merupakan warga negara asing untuk melakukan terapi CBD oil yang dianggap sebagai perawatan paling efektif untuk mengobati penyakit anaknya.

Namun Santi tidak berani melakukannya karena ada larangan narkotika golongan I dalam UU Nomor 35 Tahun 2009.

Karena adanya larangan penggunaan narkotika dalam UU tersebut, Santi berusaha untuk menyuarakan kegelisahannya di kawasan car free day (CFD) Jakarta.

Ia ditemani dengan suami dan anaknya menenteng poster bertuliskan “Tolong, anakku butuh ganja medis” di sepanjang CFD Jakarta hingga gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada Minggu (26/06/2022). (mra)

Komentar