Viral Dugaan Kecurangan UTBK 2022, Nama dan Wajah Peserta Tersebar

0
Suasana UTBK 2022 di UGM. (Foto: Firsto/UGM)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Akhir-akhir ini jagat media sosial tengah heboh mengenai dugaan kecurangan peserta UTBK 2022. Untuk diketahui, UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Ramai di Twitter peserta-peserta yang diduga melakukan kecurangan. Bahkan, salah satu akun Twitter @sbmptnfess yang memposting wajah-wajah para peserta yang diduga tidak jujur.

“Ptn! Halo pejuang utbk jalur tol,” tulis akun tersebut, Jumat (17/06/22).        

Dari berbagai Tweet yang beredar tentang peserta-peserta ini, mereka melakukan kecurangan saat UTBK berlangsung. Para peserta ini mendokumentasikan soal-soal UTBK dan mengumpulkannya di Google Drive.

Lantas soal-soal yang telah dikumpulkan ke dalam Google Drive itu akan dibagikan di sebuah grup di Telegram. Aksi ini terkuak dan diketahui salah satu peserta UTBK itu berlokasi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta atau UPNYK.

Hal ini juga telah dikonfirmasi langsung oleh pihak UPNYK mengenai dugaan peserta ujian yang berbuat tidak jujur.

Kasus ini pun sontak menjadi viral di media sosial, bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter. Hal ini jelas merugikan para peserta ujian lainnya yang telah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mengikuti ujian dengan jujur.

Hingga berita ini diterbitkan belum ada kejelasan dari pihak terkait mengenai bagaimana para peserta ini dapat membawa perangkat untuk mendokumentasikan soal-soal dan belum diketahui bagaimana mereka dapat melakukan aksi tersebut, sementara ada panitia pengawas yang berjaga dan mengawasi dengan ketat selama UTBK dilangsungkan. (mra)

Komentar