Usia 73 Tahun Masih Mampu Melahirkan

0

New Delhi, 5NEWS.CO.ID, -Kebayang nggak sih? Di usia yang ke 73 tahun seorang nenek  bisa melahirkan bayi kembar. Padahal untuk seusia 73 setidaknya menikmati masa-masa tua bersama anak dan cucu. Tetapi nenek yang satu ini dari Andra Pradesh, India, justru melahirkan bayi kembar putri.  Luar biasa! Erramatti Mangayama nama dari nenek itu. Suaminya E. Raja Rao berusia 83 tahun. Keseharian  pekerjaan mereka adalah petani.

Mereka menikah tahun 1962. Selama menikah mereka belum dikaruniai seorang anak. Kemudian pada suatu ketika pasangan ini berkeinginan untuk  memiliki anak dengan melakukan proses bayi tabung. Tahun lalu mereka mendatangi  Sanakayyala Umashankar direktur Ahalya IVF. Berbagai macam serangkaian test mereka lalui, apakah mereka memenuhi syarat  mengikuti program bayi tabung. Mangayama melahirkan bayi kembar secara caesar pada hari Kamis (05/09/2019}.

“Ibu dan kedua bayinya dalam keadaan sehat”,kata Dokter Uma Sankar kepada BBC Telugu.

“Kami luar biasa bahagia”, ujar Raja Rao kepada BBC. Dia juga menambahkan manusia tidak bisa mengendalikan apapun. Apa yang akan terjadi, akan terjadi. Semuanya ada pada tangan Tuhan. “Orang-orang menyebut saya  perempuan  tidak punya anak. Kami mencoba berkali-kali dan menjumpai banyak dokter. Dan inilah saat bahagia dalam hidup saya”,cerita Mangayama dengan haru.

Dokter tetap memberikan perhatian khusus kepada Magayama sampai  21 hari kedepan. “Kami tidak mengizinkan si ibu untuk menyusui. Bayi minum dari suplai bank susu”,tutur Uma Sankar. Rao dan istrinya sudah membuat rencana kedepan untuk kedua  bayinya.

Mangayama termasuk pemegang rekor dunia sebagai ibu bersalin tertua di dunia. Walau pun sebelumnya pernah ada di tahun 2016, seorang perempuan di India yang  berusia 70 tahunan melahirkan bayi laki-laki. (DBS/end)

Komentar