Ucapan Selamat Natal Menurut Quraish Shihab

    5NEWS.CO.ID, – Setiap kali menjelang momen perayaan natal selalu saja menjadi polemik seputar hukum mengucapkan selamat natal bagi umat Islam.

    Quraish Shihab sering mendapat pertanyaan yang selalu berulang mengenai ‘Apa Hukumnya Mengucapkan Selamat Natal?’.  

    Menurutnya mengucapkan selamat natal untuk umat beragama lain itu merupakan hal yang baik demi kerukunan dan perdamaian. Bagi masyarakat Timur Tengah mengucapkan selamat hari raya untuk umat beragama lain itu merupakan hal yang lazim.

    “Permasalahan tersebut hanya terjadi di Indonesia dan Malaysia. Di Timur Tengah hal itu tidak dipermasalahkan,” jelas Quraish Shihab.  

    “Dalam Al Qur’an, orang pertama yang mengucapkan Selamat Natal adalah Nabi Isa AS. (mengutip sebuah ayat)….Salam sejahtera untukku, pada hari kelahiranku, pada hari aku dibangkitkan…. jadi berdasar ayat tersebut sebenarnya tidak ada masalah,” lanjut Quraish Shihab.

    “Ketika umat beragama lain mengucapkan Selamat Hari Raya (Idul Fitri), belum tentu mereka berkeyakinan persis dengan apa yang kita yakini. Sama, ketika kita mengucapkan selamat Natal, mereka tidak akan berpikir bahwa kita meyakini apa yang dia yakini,” tambahnya.

    “Ucapan (Selamat Hari Raya Idul Fitri) merupakan hal yang basa basi dalam konteks kehidupan berkerukunan. Hidup ini indah kalau berharmoni,” pungkas Quraish Shihab. (end)