Tarian Youtefa Sambut Kedatangan Presiden

0

Jayapura, 5NEWS.CO.ID, -Kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Irianti beserta rombongan di Hamadi, Distrik, Jayapura Selatan, disambut dengan Tarian Youtefa, Tarian Youtefa ditarikan oleh warga Kampung Enggros – Tobati. Presiden beserta rombongan tiba di Jayapura Selatan pukul 15.00 WIT.

Penyambutan tarian persis di pintu masuk jembatan, yang sesuai kesepakatan warga pemilik hak Ulayat yang diberi nama Jembatan Youtefa. 

Sesampai di lokasi, Presiden bersama rombongan disambut oleh warga yang berasal dari suku Bugis, Makasar dan Toraja yang  berdomisili di kota Jayapura. Mereka mengenakan pakaian adat daerahnya.

Kedatangan Presiden bersama rombongan disambut oleh Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano didampingi wakilnya, Rustam Saru.

Sesampai di lokasi jembatan Presiden Jokowi dijadwalkan menekan tombol peresmian jembatan dan penandatanganan prasasti. Selanjutnya Presiden menggunakan teropong untuk melihat dari lokasi pembangunan Istana Presiden yang berlokasi di Koya, Distrik Muara Tamin, kota Jayapura.

Jembatan yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi pada hari Senin (28/10) ini, merupakan Ikon daerah, didukung dengan pelebaran ruas jalan untuk menopang arus lalulintas di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Jembatan dengan panjang 732 meter itu terdiri bentangan utama 400 meter, jembatan pendekat 332 meter terdiri dari jembatan pendekat arah Hamadi 33 meter dan 299 dari arah Holtekam.

Jembatan Youtefa dibangun sejak 2015 dan peletakan batu pertama dilakukan sendiri oleh Presiden Jokowi. Pembangunan jembatan yang dilakukan diatas teluk Youtefa, menghabiskan anggaran sekitar 1,8 trilliun. (cnn/end).

Komentar