Taman Budaya Gunungkidul Rusak Imbas Gempa

Taman Budaya Gunungkidul rusak parah akibat gempa bumi pada Jumat (30/6). (ANTARA/HO-Dokumen istimewa)

Yogyakarta, 5NEWS.CO.ID,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaporkan adanya kerusakan Taman Budaya hingga rumah warga mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat, (30/06/2023), sekitar pukul 19:57 WIB.

Salah seorang anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Gunungkidul Ahmad Riyadi di Gunungkidul, Sabtu, mengatakan, berdasarkan informasi dan laporan yang masuk ke BPBD, yakni Taman Budaya Gunungkidul, Dinas Pendidikan, Pasar Argosari, Kantor BDG, Rusunawa, Polres Gunungkidul dan beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan ringan hingga berat.

“Saat ini, kami masih menunggu laporan dari tim reaksi cepat yang ada di wilayah masing-masing,” kata Ahmad Riyadi dikutip Antara.

Selain gedung dan taman budaya yang rusak, beberapa rumah milik warga rusak yakni di Semanu, Rongkop, Nglipar, Panggang yang rusak ringan dan parah.

“Pendataan masih berlangsung. Tim akan melakukan penilaian tingkat kerusakan rumah milik warga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sumadi mengatakan TRC Gunungkidul siap menerima laporan dari berbagai pihak terkait kerusakan akibat gempa.

Saat ini, petugas mulai melakukan pengecekan ke lapangan untuk mengetahui secara pasti kondisi kerusakan. Informasi yang berhasil diterima beberapa rumah warga genteng atapnya turun, dan beberapa fasilitas umum dan pemerintahan juga mengalami kerusakan.

“TRC siap menerima laporan dan akan menindaklanjuti sekiranya perlu segera ditangani,” katanya.