Tak Kunjung Tuntas, Proyek Jalan Tlogowungu-Lahar Beralih ke Rigid Beton

Perbaikan Jalan Tlogowungu-Lahar. (Foto: Husain/5News)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Proyek pembangunan jalan Tlogowungu-Lahar melalui Inpres tahap I tahun 2023 masih berjalan. Proyek ini melaksanakan pembangunan sepanjang 3,5 kilometer dan mengantongi anggaran sebesar 23 Miliar.

Proyek ini berlangsung sejak Agustus 2023 dan hingga kini masih tak kunjung tuntas ataupun kelar. Pembangunan jalan kali ini juga merupakan peralihan dari aspal ke rigid beton.

DPUTR Kab. Pati, Kabid Bina Marga Hasto Utomo mengatakan jika program ini satu paket dengan proyek di dalam kota Pati yang meliputi jalan Kolonel Sugiyono, Kyai Saleh, Kalijaga, Sunandar, dan Pemuda.

“Yang tlogowungu lahar, panjang penanganan kurang lebih 3,5 kilometer. Semula 4 meter dilebarkan menjadi 6 meter dengan konstruksi rigid beton,” ujar Hasto saat dikonfirmasi.

“Program inpres. Tlogowungu-Lahar menjadi 1 paket dengan dalam kota Pati (Sugiyono, Kyai Saleh, Kalijaga, Sunandar dan Pemuda) dengan pagu usulan kurang lebih 23 miliar,” sambungnya.

Hasto juga menyebutkan program inpres tahap 1 tahun 2023 dengan konstruksi rigid beton, yang meliputi jalan Tlogowungu-Lahar, jalan alternatif Cengkalsewu batas Kudus, dan jalan Kayen-Tambakromo.

Selain itu, juga ada tiga usulan tambahan proyek jalan yang akan dibangun dengan konstruksi rigid beton, diantaranya jalan Kayen-Beketel, jalan Sukolilo-Prawoto, jalan Puncel Dukuhseti.

Sebagai informasi, proyek ini dipegang langsung oleh Kementerian PUPR dan untuk inpres jalan daerah untuk seluruh wilayah di Kabupaten pati dialokasikan tahap 1 ini senilai 120 miliar. (hus)