Ruangguru PHK Massal Ratusan Karyawannya: Sudah Dapat Pesangon Sesuai UU

0
Ilustrasi aplikasi ruangguru. (Foto: Dok. ruangguru.com)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- PT Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru mengumumkan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya dengan alasan ketidakstabilan kondisi global saat ini.

Ruangguru sendiri menyatakan telah memberikan uang pesangon ke setiap karyawannya yang di PHK dengan sesuai yang tertera pada Undang-undang (UU) Ketenagakerjaan yang berlaku.

“Kami ingin juga menyampaikan bahwa semua yang terdampak telah mendapatkan pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak jika masih ada sisa cuti, sesuai UU yang dibayarkan penuh tanpa potongan,” kata Tim Komunikasi Perusahaan Ruangguru, Gwendolyn dalam pernyataan tertulis, Jumat (18/11/2022).

“Dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami pun juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak,” sambungnya.

Sebelumnya, website atau aplikasi ruangguru ini dikenal sebagai startup pembelajaran digital (edutech).

Menurutnya, dengan kondisi global yang sedang memburuk, pihaknya mengambil langkah PHK terhadap sejumlah karyawannya guna menghindari hal-hal merugikan yang tidak diinginkan.

“Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini,” ujarnya.

Gwen menambahkan, para karyawan yang terkena PHK juga akan mendapatkan pengembangan karir serta bantuan konsultasi karir. Hal ini dilakukan agar para karyawannya yang terkena PHK bisa mendapatkan kerja kembali di perusahaan lainnya dengan kemampuan yang telah dikembangkan.

“Kami juga berkomitmen untuk membantu yang terdampak untuk mendapatkan pekerjaan baru segera dengan mengalokasikan tim recruiter Ruangguru khusus dan memberikan dukungan konsultasi karir, psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan,” tandasnya.

Meski dengan adanya PHK atau pengurangan karyawannya secara massal. Pihak ruangguru menegaskan bahwa akan tetap memberikan akses pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk masyarakat (pelanggannya).

“Ruangguru tetap optimis dengan prospek, kesempatan, dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru untuk terus memberikan akses terhadap layanan pendidikan berkualitas bagi semua. Kami juga ingin menyampaikan bahwa hal ini tidak berdampak pada layanan kami dan kepada seluruh pelanggan Ruangguru,” tegasnya. (hus)

Komentar